25 Oktober 2021

Raperda Angkutan Sungai dan Danau Mulai Dibahas di DPRD Kalsel

1 min read

(Ki-ka) Wakil Ketua Pansus Raperda Angkutan Sungai dan Danau, Agus Mawardi mendampingi Ketua Pansus Raperda tersebut, Fahrin Nizar.

BANJARMASIN – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Penyelenggaraan Angkutan Sungai dan Danau di Kalsel sudah mulai dibahas di DPRD Kalsel. Ketua Pansus Raperda Penyelenggaraan Angkutan Sungai dan Danau, Fahrin Nizar mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Biro Hukum Setda Kalsel mengenai proses pembahasan Raperda tersebut.

Langkah selanjutnya, menurutnya, Pansus akan melakukan studi komparasi ke daerah yang sudah memiliki Perda Penyelenggaraan Angkutan Sungai dan Danau.

“Berdasarkan informasi sudah ada beberapa daerah yang menerapkan Perda tersebut seperti Sumatera Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Rencananya studi komparasi tersebut dijadwalkan pada 27 hingga 29 Februari ini ke Kalteng,” jelasnya.

Setelah itu, Pansus nanti akan melakukan konsultasi ke Kementerian Perhubungan dan Kementerian Dalam Negeri di Jakarta.

Sementara itu, Wakil Ketua Pansus Raperda Penyelenggaraan Angkutan Sungai dan Danau, Agus Mawardi menambahkan penyusunan Raperda tersebut salah satunya juga dilatarbelakangi insiden tertabraknya Jembatan Rumpiang oleh Kapal Angkutan Sungai beberapa waktu lalu.

“Perda ini juga supaya mencegah, antisipasi dan tindaklanjut jika terjadi kejadian demikian,” jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel, Rusdiansyah menyatakan mendukung usulan Raperda tersebut. Mengingat kondisi geografis Kalsel yang memiliki sungai yang panjang dan berpotensi besar sebagai sarana angkutan. Sehingga sudah seharusnya mempunyai Perda yang mengatur tentang keamanan, kenyamanan dan keselamatan angkutan sungai.

“Kami sebagai mitra akan informasikan terkait hal teknis sebagai bahan pengayaan DPRD menyusun Raperda ini. Apa saja aturan yang sudah ada,” kata Rusdiansyah. (NRH/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?