19 Oktober 2021

Sambut Haul Guru Sekumpul Ke-15, BRT Digratiskan Selama 3 Hari

2 min read

Armada BRT Banjarbakula yang melayani rute Banjarmasin-Banjarbaru atau sebaliknya.

BANJARMASIN – Jutaan jemaah diperkirakan hadir pada haul Guru Sekumpul ke-15 tahun 2020, pada 29 Februari dan 1 Maret 2020 mendatang. Para jemaah yang datang dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan, dan seluruh daerah di Indonesia serta luar negeri ini, tentunya datang tidak dengan berjalan kaki. Masing-masing datang memakai kendaraan pribadi, ataupun angkutan umum. Mulai dari angkatan udara, laut hingga angkutan darat.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, banyak jemaah yang datang menggunakan kendaraan pribadi, yang tentunya memerlukan lokasi parkir yang representatif. Khusus untuk tahun ini, tim relawan Sekumpul memastikan, sudah menyiapkan puluhan titik kantong parkir yang dapat menampung hingga satu juta lebih kendaraan milik para jemaah. Namun sedapat mungkin, para jemaah diharapkan datang menggunakan kendaraan umum, sehingga tidak memerlukan tempat parkir dan tentu juga tidak menambah kepadatan arus lalu lintas di sekitar lokasi acara. Bahkan tim relawan juga mengimbau, agar jemaah yang bertempat tinggal di sekitar Martapura dan Banjarbaru, untuk berjalan kaki ke lokasi. Mengingat pada saat acara berlangsung, arus lalu lintas di sekitar Martapura dan juga Banjarbaru, akan terkena dampak padatnya jemaah yang meluber hingga ke jalan raya.

Sejalan dengan imbauan ini, maka pemerintah provinsi Kalimantan Selatan pun mengeluarkan kebijakan untuk mendukung kelancaran haul Guru Sekumpul ke-15 tahun 2020. Yakni dengan menggratiskan layanan bus rapid transit (BRT) koridor 1, dengan rute Banjarmasin-Banjarbaru. Hal itu ditegaskan kepala dinas perhubungan Kalimantan Selatan Rusdiansyah, kepada Abdi Persada FM pada Selasa (25/2).

“BRT kita gratiskan mulai 28 Februari hingga 1 Maret 2020, atau selama 3 hari berturut-turut. Tujuannya adalah untuk mendukung kelancaran acara haul Guru Sekumpul, khususnya bagi para jemaah dari kota Banjarmasin. Dan ini tentunya akan mengurangi kepadatan arus lalu lintas menuju lokasi acara di kota Martapura,” jelas lelaki yang pernah menjabat sebagai kepala dinas perhubungan kota Banjarmasin ini.

Rusdiansyah menambahkan, rute BRT gratis ini sama dengan hari biasanya, yakni mulai dari halte titik 0 Kilometer Banjarmasin, hingga ke terminal BRT di dekat bundaran kota Banjarbaru.

“Jadwal keberangkatannya pun tidak ada perubahan. Yakni sesuai jadwal yang telah ditentukan pada hari tersebut. Yakni Jum’at, Sabtu dan Minggu. Jadwal lengkapnya dapat dicek di akun instagram BRT Banjarbakula,” urainya.

Sesuai jadwal, BRT Banjarbakula pada hari Jum’at adalah mulai jam 06.30 WITA 07.00, 08.30, 10.30, 14.00, 15.00, 16.00, 17.00 dan 19.00 WITA. Baik dari arah Banjarmasin maupun Banjarbaru. Sedangkan pada Sabtu-Minggu, jadwal BRT Banjarbakula mulai dari jam 08.00  WITA, 08.30. 10.00, 11.30, 13.00, 15.00, 16.00, 17.00, 19.00 dan terakhir pada jam 19.30 WITA. (RIW/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?