28 Oktober 2021

Paman Yani : Jadi Wakil Rakyat Itu Harus Punya Komitmen Membangun

2 min read

Muhammad Yani Helmi saat menanggapi aspirasi warga Desa Kampung Baru.

KOTABARU – Reses anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dari partai Golongan Karya (Golkar), Muhammad Yani Helmi, kembali berlanjut, pada Kamis (20/2).

Foto bersama dengan warga Desa Gosong Panjang.

Hari kedua reses ini Yani Helmi atau yang akrab disapa Paman Yani ini, masih didampingi oleh rombongan dari SKPD Provinsi Kalimantan Selatan, antara lain dinas perikanan, dinas pendidikan, dinas kesehatan, RSUD Ulin Banjarmasin, Samsat Kabupaten Kotabaru, batulicin, dan Banjarmasin, serta instansi lainnya.

Ada tiga desa yang menjadi titik kegiatan reses, yakni desa teluk tamiang, desa gosong panjang serta desa kampung baru kecamatan pulau laut tanjung selayar Kabupaten Kotabaru.

Desa pertama yang didatangi untuk melaksanakan Reses ini adalah desa teluk tamiang, yang mana dalam reses ini berhasil menjaring beberapa aspirasi masyarakat, antara lain masyarakat menginginkan bantuan dari pemerintah untuk pengembangan usaha rumput laut, pembangunan mushalla, serta pembangunan sekolah dasar di desa ini.

Disampaikan Kepala desa teluk tamiang, Burohim, selaku masyarakat nelayan, pihaknya sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah, khususnya sektor perikanan, seperti kelompok jaring apung.

“Sebelumnya beliau (Paman Yani) sudah membantu satu kelompok dan sudah berhasil, sehingga kita harapkan ada lagi bantuan untuk ratusan ribu bibit ikan kakap yang skala ekspor ini, agar bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar, karena selama ini yang banyak membeli bibit adalah dari warga luar pulau,” jelasnya.

Menanggapi hal ini, Paman Yani menyatakan akan sangat mendukung aspirasi masyarakat ini, namun dirinya juga berpesan agar nelayan dapat menambah wawasan terkait perikanan, seperti cara menjaga lingkungan agar terumbu karang tetap terjaga.

“Disini kan lebih dari 90 persen masyarakat adalah nelayan, kita sangat berharap, Kabupaten Kotabaru ini akan menjadi sentra penghasil ikan terbesar, mengingat Kalimantan Selatan merupakan penyangga ibukota negara nantinya,” ujarnya.

Sedangkan untuk aspirasi masyarakat yang merupakan ranah di tingkat Kabupaten, seperti pembangunan musholla dan sekolah dasar, Paman Yani berjanji akan membangun sinergitas antara DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, bersama Pemerintah di kabupaten ini.

Sementara di desa yang lain, yakni desa Gosong Panjang, keinginan masyarakatnya agar bisa dibangunkan sebuah dermaga di desa ini, untuk mensejahterakan perekonomian masyarakat.

“Tentu untuk mencapai kesejahteraan diperlukan perjuangan, makanya saya sebagai wakil rakyat, menginginkan adanya program nyata dari pemerintah, untuk bisa dibagikan di desa ini, salah satunya pembangunan dermaga, tentu tidak akan cukup jika hanya mengandalkan dana desa,” terangnya.

Muhammad Yani Helmi, saat berinteraksi dengan masyarakat usai Reses.

Ditambahkan Paman Yani usai melaksanakan Reses di desa Kampung Baru, yang merupakan desa terakhir di hari kedua ini, sebagai seorang anggota legislatif, harus memiliki komitmen untuk membantu kesejahteraan masyarakat, dengan turun langsung ke lapangan guna mengetahui apa yang terjadi dan dibutuhkan oleh masyarakat.

“Wakil rakyat harus punya komitmen membangun, turun kelapangan, cari tau apa yang dibutuhkan masyarakat, potensi apa yang dimiliki di daerah, sehingga akan jadi modal ketika ada pembahasan di DPRD,” ujarnya.

“Setidaknya daerah pemilihan dulu lah, baru nanti lingkup Kalsel, kalau mau berbenah dari nol juga bisa kita lakukan, demi kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (ASC/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?