16 Oktober 2021

Jelang Pilkada 2020, Bakesbangpol Kalsel Akan Gelar Sosialisasi Khusus Pemilih Pemula

2 min read

Kabid Politik Bakesbangpol Kalsel, Khairul Saleh.

BANJARBARU – Menjelang pelaksanaan Pilkada yang akan berlangsung pada 23 September 2020 mendatang, pemerintah provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kalimantan Selatan akan menggelar kembali kegiatan sosialisasi Pilkada 2020, kali ini dikhususkan bagi pemilih pemula di wilayah Kalimantan Selatan.

Kepala Bakesbangpol Kalsel, Heriansyah beserta jajarannya.

Kepala bidang Politik Bakesbangpol Kalimantan Selatan, Khairul Saleh mengatakan menjelang pelaksanaan Pilkada 2020, dalam persiapannya Bakesbangpol Kalsel akan tetap berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel sebagai rekan sekaligus menjadi pembicara pada kegiatannya nanti.

“Setelah kegiatan sosialisasi Plikada 2020 bagi ASN, nanti kami akan menggelar sosialisasi kembali tapi khusus untuk pemilih pemula,” tutur Khairul, kepada Abdi Persada FM, disela kegiatan sosialisasi Pilkada 2020 di aula gedung Idham Chalid, Kamis (20/2) kemarin.

Sosialisasi Pilkada bagi pemilih pemula 2019 lalu diikuti oleh Siswa/Siswi.

Kemudian, Khairul selaku koordinator pelaksana mengungkapkan, saat ini Bakesbangpol Kalsel masih mempersiapkan lebih matang agar pada pelaksanaannya bisa lebih maksimal sesuai dengan target yang diharapkan.

“Jadi, untuk persiapan pun kami juga harus mematangkan konsep, baik pemateri dan tempatnya agar nanti pada saat pelaksanaannya bisa lebih lancar,” ungkap Khairul.

Kegiatan sosialisasi bagi pemilih pemula di 2019 lalu.

Tak hanya itu, selain mempersiapkan beberapa tahapan sebelum pelaksanaan, Bakesbangpol Kalsel juga akan memberikan penguatan partisipasi masyarakat dalam hal kewajibannya menjadi hak pilih pada saat pelaksanaan Pilkada 2020 ini.

“Kami berharap ya salah satu yang kami tekankan adalah bagaimana nantinya peran masyarakat untuk tidak golpot karena hak pilih itu sangat penting sekali bagi demokrasi di Indonesia khususnya di Kalsel,” imbuh Kairul.

Kendati demikian, Khairul juga berpesan pada pelaksanaannya nanti baik peserta maupun masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi ini agar kedepannya dapat memahami dinamika berdemokrasi melalui pilkada 2020 ini.

“Kami menginginkan agar pelaksanaan Pilkada 2020 ini berjalan lancar dan dari sosialisasi yang akan segera kami gelar nanti baik calon pemilih pemula atau masyarakat yang sudah pernah mengikuti bisa ikut meramaikan ini dengan dukungan positif serta dapat menghindari adanya golpot tersebut,” harapnya.

Selain itu, tahapan persiapan selanjutnya yang akan digelar oleh pihak Bakesbangpol Kalsel bersama KPU dan Bawaslu Kalimantan Selatan nantinya masih menunggu rapat koordinasi dari Kepala Badan Kesbangpol Kalsel. Bahkan, Ia membeberkan, kegiatan sosialisasi Pilkada 2020 bagi pemilih pemula tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada April mendatang dengan harapan kesiapan dari panitia pelaksana dan pihak narasumber dapat terlihat lebih matang.

“Makanya kami akan segera menggelar rapat koordinasi bersama dengan Kaban Kesbangpol agar mendapat arahan seperti apa nantinya konsep kegiatannya,” ucap Khairul.

Bakesbangpol Kalsel juga menghimbau agar masyarakat Kalimantan Selatan bisa ikut berpartisipasi secara maksimal dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut. Oleh karena itu, Ia menginginkan agar nantinya sebagai hak pemilih baik pemula ataupun tetap dapat mengerti akan adanya demokrasi yakni kebebasan memilih sehingga kedepannya masyarakat dapat mengerti dengan jelas dalam perannya sebagai penentu arah kebijakan pembangunan. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?