20 Oktober 2021

Sambut HPSN 2020, Ribuan Orang Bersihkan Wisata Pantai Pagatan Tanah Bumbu

2 min read

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel.

BANJAR – Masih ingatkah Anda peristiwa longsornya tumpukan sampah di TPA Leuwigajah Jawa Barat 15 tahun lalu, tepatnya pada 21 Februari 2005. Peristiwa memilukan pasca turun hujan deras ini, menewaskan sebanyak 150 orang pemulung. Para korban tewas tertimbun longsoran sampah.
Gunungan sampah sepanjang 200 meter dengan tinggi 60 meter itu goyah, karena diguyur hujan deras. Akumulasi gas metan dari tumpukan sampah meledak, dan membuat gundukan sampah longsor bak ombak menerjang tubuh-tubuh pemulung malang tersebut. Kini setiap tanggal 21 Februari, diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di seluruh Indonesia.

Di provinsi Kalimantan Selatan, peringatan HPSN tahun ini digelar di kawasan wisata pantai Pagatan Tanah Bumbu, pada Jum’at (21/02).

Kepada Abdi Persada FM, kepala dinas lingkungan hidup Kalimantan Selatan Hanifah Dwi Nirwana menjelaskan, banyak aktivitas yang akan dilakukan pada puncak peringatan HPSN tahun ini di Kalsel. Salah satunya adalah membagikan sebanyak 750 tumbler (botol air minum) kepada masyarakat sekitar pantai Pagatan, serta para peserta acara.
“Syaratnya adalah mereka membawa sampah dari rumah mereka masing-masing, untuk kemudian ditukar di lokasi acara. Kami sudah menyiapkan sebanyak 750 tumbler untuk ditukarkan,” jelasnya saat ditemui Abdi Persada pada Kamis (20/02) saat peresmian jembatan Bincau dan jembatan jalan Pendidikan di kawasan Bincau kabupaten Banjar.

Pada acara yang dijadwalkan dihadiri langsung gubernur Kalsel Sahbirin Noor ini, menurut Hanifah, pihaknya juga akan melakukan deklarasi terciptanya Kalimantan Selatan bebas sampah, serta aksi bersih-bersih sampah di areal wisata pantai Pagatan.
“Saya dengar Danlanal sudah menyiapkan personilnya untuk aksi bersih-bersih sampah di lokasi acara. Dan tentu saja kegiatan ini akan melibatkan seluruh tamu dan peserta yang hadir pada HPSN. Kami juga menyediakan reward atau hadiah, bagi pengumpul sampah plastik terbanyak. Tidak lupa, kami akan memberikan quiz atau game terkait pengelolaan sampah kepada para siswa”, ujarnya.

Sementara itu, pada kegiatan sosialisasi Pilkada di kalangan ASN pemerintah provinsi Kalsel di gedung Idham Khalid Banjarbaru Kamis (20/02) dinas lingkungan hidup provinsi juga mendeklarasikan penggunaan tumbler dikalangan ASN, untuk mengurangi penggunaan air minum kemasan yang biasa menggunakan bahan plastik. Hal itu ditandai dengan pembagian tumbler kepada para kepala SKPD lingkup pemerintah provinsi Kalsel. (RIW/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?