20 Oktober 2021

Sarana Pendidikan dan Perairan Pertanian, Jadi Keinginan Besar Masyarakat Desa Salino dan Sungai Pasir

2 min read

KOTABARU – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan dari partai Golongan Karya (Golkar), Muhammad Yani Helmi, kembali melaksanakan Reses untuk menjaring aspirasi masyarakat, di daerah pemilihannya Kabupaten Kotabaru, Rabu (19/2).

Ada dua desa yang menjadi target penjaringan aspirasi pada hari pertama ini, yaitu desa Salino serta desa Sungai Pasir Kecamatan Pulau Laut Tengah.

Dalam reses ini Paman Yani (sapaan akrabnya) didampingi oleh rombongan dari SKPD Provinsi Kalimantan Selatan, antara lain dinas kelautan dan perikanan, dinas pendidikan dan kebudayaan, dinas kesehatan, RSUD Ulin Banjarmasin, Samsat Kabupaten Kotabaru, Batulicin, dan Banjarmasin, serta instansi lainnya.

Beberapa aspirasi, mengenai pembangunan terkait infrastruktur di desa Salino diutarakan masyarakat. Seperti perbaikan jalan untuk usaha pertanian dan perkebunan, penambahan lokal ruang belajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di desa tersebut, serta menginginkan adanya bantuan untuk pembangunan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Menanggapi hal tersebut, Paman Yani berujar, akan segera melakukan koordinasi kepada kepala daerah provinsi yakni Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.

“Pada dasarnya aspirasi ini akan segera kita tindaklanjuti, apalagi ini demi kesejahteraan masyarakat, yang memang sesuai dengan keinginan Gubernur Kalimantan Selatan,” terangnya.

Sedangkan untuk adanya penambahan ruang belajar sekolah dan pembangunan SMK, menurut Paman Yani, akan sangat mendukung, karena ibukota negara sudah di pastikan akan dipindahkan ke Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan yang berbatasan langsung dengan Provinsi tersebut.  Kalsel pun tentu sudah ditetapkan sebagai gerbang ibukota negara, sehingga sumberdaya manusia melalui pendidikan harus ditingkatkan.

“Orang Kalsel harus unggul, dan tidak boleh hanya menjadi penonton saja,” ujarnya.

Sedangkan di desa kedua dalam reses di desa Sungai Pasir, Paman Yani berhasil menjaring beberapa aspirasi masyarakat, antara lain mengenai keinginan warga adanya pembangunan irigasi (dam) untuk pengairan sawah, perbaikan jalan usaha tani, serta mengharapkan adanya dukungan dari pemerintah, perihal pengambangan sektor wisata yang dimiliki desa ini, yakni puncak gunung jambangan.

Dikatakan kepala desa Sungai Pasir, Kaspul Anwar, hal yang paling mendasar diinginkan masyarakat adalah pengairan sawah, karena hal tersebut merupakan keperluan mendasar bagi perekonomian masyarakat, terlebih pihaknya sudah beberapa kali mengajukan kepada pemerintah Kabupaten, namun hasilnya nihil karena kendala anggaran.

“Anggarannya untuk pembuatan dam air ini diperkirakan sekitar 1 miliar rupiah,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Paman Yani mengatakan akan sangat siap membantu, apabila memang keperluan masyarakat ini termasuk dalam ranah provinsi.

“Apalagi Kalsel ditetapkan sebagai gerbang ibukota negara, sudah seharusnya Kalsel menjadi penyangga pangan nantinya,” ujarnya.

“Kita mendorong Kabupaten Kotabaru ini sebagai agro bisnis, termasuk hortikultura dan pertanian, sehingga keperluan masyarakat untuk lancarnya pertanian akan sangat kita dukung,” tambahnya lafi.

Untuk diketahui Reses Wakil Rakyat Provinsi Kalael ini akan berlangsung selama 4 hari, sejak 19 – 22 Februari 2020, dengan mendatangi langsung delapan desa yang ada di Kabupaten Kotabaru ini. (ASC/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?