16 Oktober 2021

Jaga Eksistensi Seni Budaya, Taman Budaya Kalsel Gelar Mamanda Keliling

1 min read

Kepala UPTD Taman Budaya Kalsel, Suharyanti

BANJARMASIN – Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Taman Budaya Kalsel memiliki segudang program kerja selama 2020 sebagai upaya untuk menjaga eksistensi Seni budaya di Banua. Kepala UPTD Taman Budaya Kalsel, Suharyanti mengatakan program kerja di tahun 2020 ini tidak terlalu jauh berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hanya materi-materinya saja yang selalu berusaha dikembangkan seperti pergelaran tari, sastra, teater dan sebagainya.

Ia menjelaskan kalau di tahun sebelumnya, pergelaran seni budaya digelar di Taman Budaya. Tetapi untuk tahun 2020 ini, Taman Budaya Kalsel bekerjasama dengan Forum Apresiasi Seni Universitas Lambang Mangkurat untuk memeriahkan Hari Teater Sedunia pada Maret mendatang dengan menggelar Mamanda Keliling Blusukan ke beberapa Kabupaten/Kota, antara lain di Museum Wasaka, di Gambut dan sebagainya.

“Jadi Forum Apresiasi Seni yang akan menjalankan secara teknis pergelaran tersebut dan UPTD Taman Budaya memfasilitasi dan mensubsidi apa-apa saja yang diperlukan mereka dalam upaya pengembangan Seni Mamanda,” katanya.

Selain untuk kelestarian Seni dan Budaya, menurut Suharyanti, diharapkan pergelaran mamanda keliling tersebut dapat disaksikan langsung oleh masyarakat sehingga mereka benar-benar mengenal Seni dan Budaya di Kalsel.

“Mungkin selama ini masyarakat hanya melihat di televisi. Dengan pergelaran mamanda blusukan ke desa-desa, mereka bisa melihat secara langsung,” pungkasnya. (NRH/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?