16 Oktober 2021

Disperkim Kalsel Targetkan, 2021 Rusun ASN Terealisasi

2 min read

Desain proyeksi pembangunan rumah susun (rusun) khusus ASN dilingkup Pemerintah Provinsi Kalsel oleh Disperkim Kalsel.

BANJARBARU – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kalimantan Selatan memastikan pada 2021 mendatang, pembangunan proyek rumah susun (rusun) bagi ASN dilingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan terealisasi melalui anggaran APBN dari Kementerian PUPR RI.

Kepala Disperkim Kalsel, Mursyadah Aminy

Kepala Disperkim Kalsel, Mursyadah Aminy mengatakan, dalam proyek pembangunan tersebut pihaknya sudah menganggarkan dana sebesar Rp16 miliar yang diajukan melalui persetujuan Kementerian PUPR.

“Mengingat perpindahan Pemerintahan Kalsel sudah resmi di Banjarbaru maka untuk membantu menghemat tenaga dan jarak, Kami dari Disperkim Kalsel bersama Pemerintah membangun proyek rusun ini supaya integritas kinerja dapat lebih maksimal,” tutur Aminy, sapaan akrab Kadisperkim Kalsel diruang kerjanya, Rabu (12/2).

Lokasi rusun ASN tidak jauh dari kawasan kompleks pekantoran Setdaprov Kalsel, dengan luas lahan yang disiapkan sekitar hampir 10 hektar.

Kemudian, Aminy menambahkan, walaupun proyek pembangunan ini merupakan pencanangan program dibidangnya di 2020 ini, namun karena harus menunggu persetujuan dari Kementerian PUPR, maka untuk realisasi dan implementasinya akan dilaksanakan pada 2021 mendatang.

“Jadi, sambil menunggu persetujuan dari Kementerian PUPR RI, kami juga sudah membuat desain bangunan dan lokasi yang akan dibuat rusun bagi ASN yang masuk dalam golongan 1, 2 dan 3 saja,” jelas Aminy.

Kendati demikian, lanjut Aminy, dalam persiapan pelaksanaan proyek tersebut pihaknya juga sudah melakukan beberapa peninjauan, baik dari luas lahan hingga legalitas hak milik tanah.

“Dari lahan yang disediakan Pemerintah Provinsi Kalsel hampir sekitar 10 hektar dan nantinya akan dibangun rusun bagi ASN sebanyak 42 unit dari tiga lantai, bahkan sebelum pelaksanaan Disperkim juga sudah memiliki sertifikat hak tanah agar dalam pembangunannya nanti dapat berjalan dengan lancar,” ucapnya lagi.

Selain itu, Aminy juga mengungkapkan, tujuan dalam pembangunan tersebut tidak lepas dari dukungan penuh dari Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor. Oleh sebab itu, dirinya menginginkan apabila rusun ASN tersebut dapat terealisasi dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya serta maksimal.

“Dalam hal ini, kami berharap agar nantinya rusun ASN ini apabila sudah selesai dibangun dapat bermanfaat bagi Pemerintah Provinsi Kalsel khususnya bisa memudahkan ASN yang berdomisili diluar Kota Banjarbaru supaya dapat menghemat waktu dan tenanganya,” ungkapnya.

Selanjutnya, Ia membeberkan, proyek pembangunan yang dianggarkan dari APBN sebesar Rp16 miliar ini masih berlokasi tidak jauh di wilayah kawasan kompleks perkantoran Setdaprov Kalsel, maka dari itu, Aminy juga menginginkan pada program yang masuk pencanangan di 2020 tersebut dapat segera terwujud melalui persetujuan oleh Kementerian PUPR.

“Kami berharap dan menginginkan, pada 2021 mendatang, Insya Allah, sudah bisa terealisasi pembangunannya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Disperkim Provinsi Kalimantan Selatan juga mempunyai visi dan misi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya untuk hal pembangunan sebagai pelayanan masyarakat dibidang kawasan permukiman layak huni. Bahkan, dari tugas pokok hingga fungsinya (tupoksi) sudah tertuang dalam undang-undang nomor 1 tahun 2011 tentang pedoman urusan pelayanan dasar wajib. (RHS/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?