28 Oktober 2021

Komisi II DPRD Kalsel Ajukan Raperda Peternakan Berkelanjutan

2 min read

Suasana Rapat Paripurna Internal DPRD Kalsel di Banjarmasin

BANJARMASIN – Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Peternakan Berkelanjutan dalam Rapat Paripurna Internal Dewan di Banjarmasin, Senin (10/2) kemarin.

Dalam penjelasannya yang dibacakan Hariyanto, Komisi II DPRD Kalsel menyampaikan Pemerintah Provinsi Kalsel memiliki visi sebagaimana tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Rencana  Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Selatan Tahun  2016 – 2021 yaitu Kalsel Mapan, (Mandiri dan Terdepan), Lebih Sejahtera, Berkeadilan, Berdikari dan Berdaya Saing.

“Dari visi tersebut pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk hadir dalam rangka pengaturan penyelenggaraan peternakan berkelanjutan. Sehingga ke depan melalui sektor peternakan, masyarakat memiliki kesempatan ikut serta dalam pembangunan dan mewujudkan Kalimantan Selatan agar menjadi provinsi yang terdepan, berdikari dan berdaya saing,” jelas Hariyanto.

Oleh karena itu, Komisi II DPRD Kalsel menilai penting bagi Provinsi Kalsel untuk membuat regulasi yang secara khusus mengatur tentang peternakan berkelanjutan sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk mendorong pembangunan sektor peternakan secara menyeluruh.

“Mulai dari sisi hulu sampai dengan industri hilirnya dengan harapan ada suatu pedoman yuridis – operatif bagi pemerintah daerah dan masyarakat dalam bidang tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia,” tuturnya.

Hariyanto juga mengungkapkan tujuan dibentuknya Raperda Peternakan Berkelanjutan ini yaitu untuk

mengelola sumber daya hewan secara bermartabat, bertanggung jawab dan berkelanjutan.

“Selain itu, untuk mencukupi kebutuhan pangan, barang dan jasa asal hewan secara mandiri, berdaya saing dan berkelanjutan bagi peningkatan kesejahteraan peternak dan masyarakat. Serta mengembangkan sumber daya hewan bagi kesejahteraan peternak dan masyarakat,” katanya.

Tujuan lainnya adalah untuk memberikan kepastian hukum dan kepastian berusaha dalam penyelenggaraan bidang peternakan dan kesehatan hewan dan meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Selain Raperda Tentang Peternakan Berkelanjutan, dalam rapat paripurna internal tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kalsel, Mariana dan didampingi Wakil Ketua DPRD Kalsel, Karmila juga diajukan dua raperda inisiatif lainnya yaitu Raperda Tentang Penyelenggaraan Angkutan Sungai dan Danau yang merupakan usulan Komisi III DPRD Kalsel serta Raperda Tentang Budaya dan Tanah Adat, inisiatif Komisi IV DPRD Kalsel. (NRH/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?