16 Oktober 2021

Pembahasan Raperda Keamanan Pangan di Kalsel Sudah Rampung

1 min read

Ketua Raperda Keamanan Pangan di Kalsel, Hariyanto

BANJARMASIN – Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Keamanan Pangan di Kalimantan Selatan saat ini sudah rampung. Hal itu disampaikan Ketua Panitia Khusus (Pansus) tersebut, Haryanto kepada wartawan.

“Pembahasan Raperda tentang Keamanan Pangan sudah selesai, tinggal menunggu fasilitasi dan evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” katanya.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut berharap, dengan keberadaan Perda tentang Keamanan Pangan itu nanti warga masyarakat terhindar dari mengonsumsi pangan yang terlarang. Misalnya, mengonsumsi makanan yang mengandung kimia atau zat-zat berbahaya, termasuk penggunaan pewarna yang tidak layak konsumsi dan dapat mengganggu kesehatan, serta ketidakhalalan sesuai syariah.

“Dengan keberadaan Perda tentang Keamanan Pangan itu nanti kita berharap, penegakan hukum mengenai produk serta penjualan pangan berbahaya bisa semakin intensif dan tegas. Selain itu, pengawasan agar lebih ketat terhadap produk pangan, baik yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri sendiri, serta peredarannya,” harapnya.

Hariyanto juga berharap, proses evaluasi atau fasilitasi dari Kemendagri terhadap Raperda tentang Keamanan Pangan tersebut tidak terlalu lama sehingga bisa segera disahkan dalam rapat Paripurna Dewan.

Dalam pembahasan Raperda tentang Keamanan Pangan tersebut, Pansus terlebih dahulu berkonsultasi dengan beberapa Kementerian terkait serta meminta masukan dari pihak tertentu, seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI). Selain itu, melakukan studi komparasi ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) serta Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). (NRH/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?