25 Oktober 2021

Pasokan Menipis, Pemerintah Disarankan Buka Keran Impor Gula

2 min read

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel

BANJARMASIN – “Pada dasarnya harga kebutuhan pokok di Kalimantan Selatan masih stabil, kecuali gula pasir. Harganya mengalami lonjakan di atas HET. Ini terjadi karena kurangnya pasokan dari daerah penghasil, khususnya Jawa Timur,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan Birhasani, ketika ditanyai soal kondisi harga kebutuhan pokok di Kalimantan Selatan baru-baru ini.

Ya, sejak beberapa waktu terakhir ini, terjadi kenaikan harga cukup signifikan pada komoditas gula pasir. Rata-rata harga di pasar mencapai 13.500 – 14.000 rupiah per kilogram, atau berada di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar 12.500 rupiah per kilogram. Menurut Birhasani, kondisi ini tidak hanya dialami Kalimantan Selatan saja, namun diseluruh wilayah Indonesia.

“Bahkan provinsi Jawa Timur yang kita kenal sebagai daerah produsen gula, saat ini ibu gubernur nya juga tengah kebingungan dengan kondisi kenaikan harga gula ini. Diperkirakan, kondisi ini dapat berlangsung hingga 3 bulan kedepan, sampai musim panen tebu tiba,” ujar Birhasani.

Lebih lanjut Birhasani berharap, pemerintah dalam hal ini Kementrian Perdagangan segera mencari solusi atau jalan keluar mengatasi masalah ini.

“Jika memang harus membuka keran impor gula, ya lakukan tidak perlu malu. Karena memang pasokan barangnya saat ini sedang menipis. Namun impor ini adalah jalan terakhir yang dapat ditempuh, dan semoga pemerintah memiliki cara lainnya untuk mengatasi persoalan gula ini,” harapnya.

Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalsel

Sementara itu, Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalsel Aftahuddin mengatakan, saat ini stok gula Kalsel mencapai 7.000 ton, jumlah ini cukup hingga setengah bulan kedepan. Dan dipastikan akan ada tambahan stok yang datang rutin, melalui pelabuhan laut.

“Kita terus berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan Kalsel, agar dapat memenuhi kebutuhan gula masyarakat. Kita juga upayakan untuk mencari tambahan pasokan dari pabrik di luar pulau Jawa,” tutupnya. (RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?