25 Oktober 2021

Buka APINDO UKM EXPO II, Menteri Koperasi dan UKM Inginkan UKM Kalsel Mampu Bersaing di Pasar Global

2 min read

Menteri Koperasi dan UKM (dua dari kiri) didampingi Gubernur Kalsel (baju putih) Ketua APINDO Pusat (dua dari kanan) serta Ketua APINDO Kalsel (paling kanan) saat membuka APINDO UKM EXPO II dengan menekan tombol sirine pada Rabu (29/01)

BANJARMASIN – Ingin belanja penganan khas Banjar, sekaligus cuci mata melihat keindahan motif kain Sasirangan dan kerajinan anyaman khas Kalimantan Selatan? Gampang. Datang saja ke Siring Menara Pandang Banjarmasin. Sebab mulai Rabu (29/01) hingga Sabtu (02/02), di tempat ini berlangsung APINDO UKM EXPO II, yang diikuti ratusan UKM binaan APINDO dari seluruh Kalimantan Selatan. Produk yang dipamerkan dan dijual, mulai dari makanan, minuman, pakaian jadi, kerajinan tangan, hingga ukiran. Bahkan di tempat ini disediakan tenda-tenda UKM makanan lokal, yang memudahkan pengunjung untuk mengisi perutnya yang kosong, saat bertandang ke Siring Menara Pandang. Bahkan, pembukaan acara tahunan APINDO Kalsel ini, dilakukan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, didampingi Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, pada Rabu pagi (29/01).

Menteri Koperasi dan UKM (depan sasirangan biru) didampingi Gubernur Kalsel (baju putih) saat memberikan keterangan kepada wartawan pada Rabu (29/01)

Kepada wartawan usai mendatangi sejumlah stand UKM di Siring Menara Pandang, Menteri koperasi dan UKM RI Teten Masduki menjelaskan, bahwa Presiden sangat peduli terhadap kemajuan sektor UKM Indonesia, salah satunya di Kalimantan Selatan. Mengingat sektor UKM, terbukti mampu bertahan dan melewati badai krisis ekonomi yang pernah menimpa Indonesia. Karena itu, Presiden mendorong produk UKM dapat bersaing secara global, melalui dukungan kebijakan yang memudahkan UKM mengekspor produknya.

“Seperti yang diminta pak Presiden, ditengah kondisi perekonomian dunia yang lesu dan berimbas pada nasional, maka salah satu yang didorong untuk ekspor itu adalah produk-produk UKM. Banyak produk UKM yang unggul, dan diminta oleh luar negeri. Mulai dari produk yang berbasis hasil laut, hortikultura, buah segar, furnitur, pajangan dan juga pakaian muslim. Jadi, UKM kalo mau go global, selain kualitas produksi ditingkatkan, suplainya juga berkelanjutan, tapi juga harus masuk pada produk-produk unggulan. Jadi UKM ngga hanya main di kerajinan, keripik, akik saja, tetapi harus masuk ke inovasi teknologi,” urainya.

Saat ini, menurut Teten, pemerintah sedang menyiapkan semuanya. Baik ekosistemnya, mulai dari pembiayaan sampai kualitas mutu, termasuk juga pengembangan usaha.

“Kita juga sedang menyiapkan trading house kerjasama dengan APINDO serta kementrian lain, untuk mendorong UMKM yang kecil-kecil diagregasi supaya bisa masuk ke pasar global,” tambahnya.

Menanggapi rencana pemerintah melalui program trading house ini, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengucapkan rasa syukur dan terima kasih, atas perhatian pemerintah kepada sektor UKM.

“Luar biasa pak presiden melalui kementrian koperasi dan UKM, telah mendorong¬† perekonomian pelaku ekonomi dari bawah hingga menengah, untuk bisa tetap dan lebih eksis. Bahkan ke depan ada peningkatan. Saya lihat tadi yang kualitasnya hanya tingkat lokal, naik menjadi nasional dan juga global. Saya asingnya terus ditingkatkan, dan itu tentunya mendapat dorongan dari kementrian koperasi dan UKM. Terima kasih pak menteri,” ujar Gubernur yang biasa disapa Paman Birin itu kepada wartawan.

Tercatat 500 UKM di Kalimantan Selatan, mengikuti pameran atau expo dalam rangka hari jadi APINDO ke-68 itu, selama 5 hari di kawasan Siring Menara Pandang Banjarmasin. Pihak Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kalsel yang disampaikan Ketuanya Supriadi, mengharapkan, kegiatan ini dapat membantu sektor UKM memasarkan produknya ke masyarakat. Apalagi APINDO Kalsel menargetkan, dapat menciptakan seribu usaha baru setiap tahunnya. (RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?