25 Oktober 2021

9 Menteri, 20 Duta Besar Dan 4.500 Tamu, Bakal Hadiri HPN 2020 Di Kalsel

2 min read

Sekdaprov Kalsel (paling kiri) didampingi Asisten III Pemprov Kalsel (tengah) dan Ketua PWI Kalsel (paling kanan) saat memimpin rapat persiapan HPN 2020 di Ruang Aberani Sulaiman pada Rabu (15/01).

BANJARBARU – Lagi dan lagi, Provinsi Kalimantan Selatan kembali dipercaya sebagai tuan rumah even bertaraf nasional. Setelah pada akhir tahun lalu, dua agenda nasional sukses digelar di Banua kita tercinta, yakni Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN).

Kali ini di awal tahun 2020, kepercayaan itu datang dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang menunjuk Provinsi Kalsel sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN). Penunjukan itu dilakukan, setelah tuan rumah yang seharusnya Provinsi Sumatera Utara mundur menjelang akhir tahun 2019 lalu, karena persoalan anggaran.  Gayung bersambut, penunjukan ini pun mendapat restu pula dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, yang melihat ini sebagai peluang untuk mengenalkan lebih jauh Kalimantan Selatan kepada Nusantara. Jadilah, HPN 2020 digelar di Kalimantan Selatan pada 6 – 9 Februari 2020, dengan puncak acara dipusatkan di Kawasan Komplek Perkantoran Setdaprov Kalsel di Banjarbaru.

Logo resmi HPN 2020 Kalsel.

“Sebenarnya ada banyak rangkaian acara yang menyertai HPN 2020 di Kalsel. Termasuk HPN Expo di Siring 0 Kilometer Banjarmasin dan juga bakti sosial. Namun hanya ada 3 acara yang menjadi fokus pelaksanaan HPN tahun ini. Yaitu forum diskusi milenial, konvensi media di era digital, dan juga puncak acara pada 9 Februari nanti di Setdaprov. Hingga saat ini, kesiapan acara sudah mencapai sekitar 85 persen”, jelas Ketua PWI Kalsel Zainal Helmi kepada Abdi Persada FM, usai rapat persiapan HPN 2020 di Ruang Aberani Sulaiman Banjarbaru pada Rabu (15/01).

Sementara itu, menurut Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Kalsel Kurnadiansyah, sejauh ini pihaknya sudah sangat siap menyambut tamu yang akan datang untuk peringatan HPN di Kalsel Februari nanti. Termasuk dari sisi transportasi untuk penjemputan dan pengantaran tamu dari bandara ke hotel, ataupun ke lokasi acara.

“Kita perkirakan 4.500 tamu akan hadir pada puncak acara nanti. Namun kapasitas tempat acara kita yang disiapkan EO, jauh melebihi itu hingga 10.000 tamu. Kita sudah minta EO, setidaknya menyiapkan kapasitas hingga 7.500 tamu dulu”, jelas Kurnadiansyah kepada Abdi Persada FM.

Lebih jauh Ia mengatakan, dari ribuan tamu yang hadir itu termasuk diantaranya sejumlah kepada daerah dari seluruh Indonesia. Baik dari tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota Se-Indonesia.

“Dipastikan pula 9 Menteri akan hadir pada acara ini. Diantaranya Menteri Hukum dan HAM, serta Menteri Kesehatan. Sedangkan untuk kehadiran Presiden RI Joko Widodo masih belum dapat dipastikan. Namun kita sudah menyiapkan surat permintaan kehadiran beliau yang sudah ditandatangi Gubernur dan tinggal menunggu koodinasi untuk pengantarannya ke Setneg di Jakarta. Kita harapkan selambatnya pada H-7 acara, sudah ada kepastian soal hadir tidaknya RI 1 ini”, tambahnya.

Terkait penyelenggaraan HPN 2020 di Kalsel, Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Abdul Haris Makkie yang memimpin rapat persiapan pada Rabu (15/01) kembali mengingatkan harapan atau ekspektasi Gubernur terhadap acara nasional ini.

“Paman Birin (sapaan khas Gubernur Kalsel) sangat berharap acara ini berjalan sukses, tamu datang dengan tersenyum dan pulang pun tetap tersenyum, jangan sampai mereka pulang dengan wajah cemberut. Selain itu Paman juga meminta seluruh lapisan masyarakat turut mensukseskan acara ini, dengan memberikan sambutan ramah dan hangat kepada para tamu. Khususnya pihak-pihak yang memang terlibat langsung dalam kegiatan, seperti pihak perhotelan, rumah makan, biro perjalanan serta UMKM”, tutupnya. (RIW/RDM/RHD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?