16 Oktober 2021

Limbah Oli Kadaluarsa Cemari Sungai Martapura Pasar Terapung Siring Piere Tendean

2 min read

BANJARMASIN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin bersama  Ditkrimsus Polda Kalsel melakukan pengambilan sampel dari rumah yang diduga melakukan penimbunan bahan berbahaya, di kawasan Jalan Piere Tendean, Kota Banjarmasin, Kamis (9/1).

Tim DLH Kota Banjarmasin dan Dit Krimsus Polda Kalsel melakukan pengambilan sampel.

Kepala DLH Kota Banjarmasin Mukhyar menyampaikan, pihaknya mendapatkan laporan dari warga, ada pencemaran limbah oli di Sungai Martapura, Pasar Terapung Siring Piere Tendean tersebut.

“Setelah kami mendapatkan aduan tersebut Sabtu lalu, malamnya kami langsung turun ke lapangan, ternyata laporan dari warga tersebut memang benar, ada pembuangan limbah B3 ke sungai,” ucap Mukhyar.

Menurut Mukhyar, tempat penampungan oli tersebut tidak memiliki izin.

Mukhyar mengatakan, untuk tindakan selanjutnya maka DLH Kota Banjarmasin bekerjasama dengan Ditkrimsus Polda Kalsel.

“Pada saat ini dilakukan pengambilan sampel dari beberapa titik di tempat pembuangan limbah oli tersebut, oleh Ditkrimsus Polda Kalsel,” ujar Mukhyar.

Sementara itu, Kanit 1 Subdit 4 Tipiter Ditkrimsus Polda Kalsel Kompol Aji Lukman Hidayat mengatakan, pihaknya bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, telah melakukan penyelidikan terhadap sebuah rumah yang menjadi tempat penampungan bahan berbahaya (B3) serta pembuangan bahan bahaya ke sungai.

Menurut Aji, berdasarkan keterangan terlapor, rumah tersebut sebagai tempat penyimpanan oli kadarluarsa, yang sudah tidak terpakai dari PT Gaya Bakti.

“Pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terhadap kasus dugaan pencemaran bahan berbahaya ini,” ucap Aji.

Dan, lanjut Aji, pihaknya masih meminta keterangan dari para saksi saksi. Untuk tersangka masih belum ditetapkan.

“Apabila terbukti melakukan pencemaran bahan berbahaya, maka nantinya tersangka akan dikenakan UU No 32 Tahun 2009 Pasal 102, 103, serta 109 tentang Pencemaran Lingkungan Hidup, dengan ancaman dibawah 5 Tahun kurungan penjara,” pungkas Aji. (SRI/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?