19 Oktober 2021

Gubernur Kalsel Apresiasi Lomba PCTA

2 min read

BANJARMASIN – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Politik, Gusti Syahyar memberikan apresiasi positif digelarnya Lomba Inovasi dan Kreativitas Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Tahun 2019 Tingkat Perguruan Tinggi dan SLTA/Sederajat Provinsi Kalsel di aula Badan Informasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (BITKP) Kalsel di Jalan Perdagangan Banjarmasin, Selasa (30/7).

Ia menilai kegiatan lomba PCTA ini sangat baik dan inovatif karena memberikan daya dorong dan motivasi yang kuat bagi para pelaku UMKM di Banua untuk dapat lebih mengembangkan diri sesuai bidang masing-masing.

“Disadari atau tidak, wirausaha di kalangan pemuda masih cukup rendah. Hal ini tentu memerlukan upaya-upaya untuk mengembangkan dan membuka wawasan dan semangat mereka agar bisa berkembang lebih baik,” katanya.

Sementara, dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kementerian Pertahanan Provinsi Kalsel, Kol. Inf. Benny Wahyudi, S. Sos menyampaikan PCTA merupakan salah satu program Kementerian Pertahanan yang dilaksanakan Kanwil Kemhan di daerah setiap tahunnya. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa dan pelajar SLTA/sederajat di seluruh Indonesia.

“Tujuannya untuk membentuk karakter generasi muda yang kreatif dan inovatif serta memupuk rasa cinta tanah air,” katanya.

Kol. Inf. Benny Wahyudi mengungkapkan sasaran kegiatan ini adalah tercapainya kemampuan mengekspresikan pemikiran, kreativitas dan inovasi karya nyata untuk membentuk karakter bangsa yang berwawasan kebangsaan serta memiliki kesadaran bela negara.

“Untuk mewujudkan arah sasaran tersebut maka perlu diadakan lomba PCTA di Kalsel. Sehingga diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa, bernegara dan bela negara,” jelasnya.

Diharapkan hasil karya nyata dan kreativitas peserta lomba ini bisa mengangkat produk-produk khas Kalsel yang nantinya bisa dikembangkan untuk menarik pariwisata di Kalsel. Selain itu, Dinas Koperasi dan UKM diharapkan bisa memberikan peluang kepada para peserta lomba untuk lebih kreatif dan inovasi sehingga dapat membawa nama harum Banua ke tingkat nasional.

Lomba ini diikuti 20 tim perwakilan terbaik berbagai SLTA/Sederajat yang ada di tiap kabupaten/kota seluruh Kalsel dan 25 tim perguruan tinggi di Kalsel. (NRH/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?