16 Oktober 2021

Pemprov Kalsel Berikan Beasiswa Bagi Calon Mahasiswa Kedokteran

1 min read

BANJARMASIN –  Perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) terhadap derajat kesehatan masyarakat di Banua terus dibuktikan melalui berbagai program. Salah satunya dengan memberikan beasiswa bagi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat.

Ditemui wartawan, usai rapat bersama Komisi IV DPRD Kalsel di Banjarmasin, Senin (29/7), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalsel, M. Yusuf Effendy menyampaikan program beasiswa ini sebagai salah satu komitmen Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mewujudkan visi-misinya yakni Kalsel Sehat dan Kalsel Cerdas.

“Pak Gubernur menyadari tenaga medis khususnya dokter di berbagai kabupaten/kota masih terbatas. Masih banyak dibutuhkan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sehingga beliau mengarahkan kepada Disdik perlu ada program bagi anak-anak kurang mampu dan berprestasi untuk diberikan beasiswa. Ketika sudah selesai studinya maka harus kembali ke daerahnya untuk mengabdi disana,” jelasnya.

Yusuf mengungkapkan dana yang dianggarkan untuk beasiswa tersebut sebesar Rp 1,3 miliar yang dialokasikan bagi 13 mahasiswa kurang mampu dan berprestasi.

“Nilainya Rp100 juta perorang untuk biaya pendidikan dan biaya hidup selama menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran ULM,” jelasnya lagi.

Yusuf menambahkan Disdikbud bekerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Fakultas Kedokteran untuk menentukan calon mahasiswa kurang mampu dan berprestasi yang mendapatkan beasiswa.

Program beasiswa ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2017 dan diharapkan dalam beberapa tahun kedepan bisa mencetak lebih banyak tenaga dokter muda. (NRH/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?