28 Oktober 2021

Kemarau, PDAM Intan Banjar Siap Atasi Krisis Air Bersih

2 min read

BANJAR – Untuk mengantisipasi terjadinya Krisis air bersih ketika memasuki musim kemarau di kabupaten Banjar, PDAM Intan Banjar akan melakukan berbagai upaya untuk mengatasi krisis air bersih ini.

Hal ini diungkapkan Direktur Utama PDAM Intan Banjar Syaiful Anwar melalui Plt Kabag Produksi PDAM Intan Banjar Untung Hartaniansyah kepada Abdi Persada FM. Untung mengatakan pihaknya akan melakukan suplai air bersih ke wilayah yang terdampak seperti, di kawasan Kecamatan Gambut, Aluh-Aluh, Beruntung Baru, Sungai Tabuk, dan Kecamatan Astambul serta Mataraman.

Menurutnya hal ini dilakukan seperti tahun-tahunnya sebelumnya, PDAM Intan Banjar akan menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjar untuk menyuplai air bersih dari PDAM Intan Banjar ke wilayah yang terdampak krisis air bersih dengan menggunakan mobil tangki.

Disampaikan Untung, sebagai upaya penanggulangan krisis air bersih berkelanjutan, PDAM Intan Banjar mewacanakan pembangunan Intake senilai 6 miliar rupiah lebih di kawasan Kecamatan Sungai Tabuk dengan kapasitas 500 liter perdetik. Mengingat, Intake Tambak Sirang di Kecamatan Gambut hanya mampu mensuplay air bersih di bawah normal yakni, sekitar 40-50 liter perdetik.

“Saya berharap pembangunan Intake Sungai Tabuk pada Juli ini dapat terealisasi pembangunannya. Dan kemungkinan menggunakan dana penyertaan modal,” jelas Untung.

Lebih jauh Untung mengungkapkan untuk mengatasi hal ini kemungkin pihaknya juga perlu melakukan rehab jaringan pipanisasi, terutama di kawasan Kecamatan Aluh-Aluh dan Beruntung Baru karena jumlah pelanggan PDAM dikawasan tersebut mencapai sekitar 8.000 pelanggan. Dan tentunya memerlukan invetasi yang cukup besar dan bantuan investasi perpipaan dari Pemerintah Daerah.

“Saya berharap, layanan suplay air bersih dari PDAM Intan Banjar pada musim kemarau saat ini tidak terlalu lama hingga mengakibatkan krisis air bersih dan krisis ini pun dapat di tanggulangi seperti tahun-tahun sebelumnya,” harap Untung mengakhiri. (AF/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?