20 Oktober 2021

Berani Bakar Lahan Dengan Sengaja, Siap-siap Dipidana

2 min read

BANJAR – Komandan Distrik Militer (Dandim) 1006 Martapura mengimbau semua pihak agar dapat bersinergi untuk melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang diakibatkan oleh perbuatan manusia.

Imbauan ini disampaikan Letnan Kolonel Armed Siswo Budiarto kepada sejumlah wartawan ketika menghadiri koordinasi Karhutla beberapa waktu yang lalu. Menurut Siswo Budiarto yang paling terpenting dan perlu diwaspadai adalah faktor pemicu kebakaran lahan yang disebabkan oleh perbuatan manusia, yang dengan sengaja melakukan pembakaran. Sehingga ini menjadi poin penting untuk melakukan langkah-langkah pencegahan dan penanggulan dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat

Siswo menjelaskan ada langkah-langkah dan paradigma baru yang akan di sosialsasikan berdasarkan informasi yang di keluarkan dari BNPB, yakni yang tadinya bersifat penanganan dirubah menjadi pencegahan.

“Sehingga personel TNI yang diturunkan yang tadinya melakukan penanganan, sekarang dirubah untuk melakukan pencegahan dengan memberikan sosialisasi kemasyarakat,” ucapnya.

Ia pun mengajak seluruh lintas sektor untuk melakukan upaya pencegahan kebakaran lahan, bahkan peran media pun sangat diharapkan untuk memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan dengan sengaja.

Dan menurut Siswo, apabila kedapatan ada oknum yang dengan sengaja melakukan pembakaran lahan, tentunya ada sanksi pidana yang akan diberikan oleh pihak kepolisian melalu Undang-Undang yang sudah ditetapkan. Dan inilah, lanjut Siswo, bentuk sinergitas yang dilakukan, baik TNI/Polri mau pun lintas sektor lainnya.

Lebih lanjut Dandim 1006 Martapura ini menjelaskan, sekarang pemerintah memliki alat canggih untuk memantau melalui satelit bagi oknum-oknum yang membakar lahan dengan sengaja. Sehingga mudah dikenali atau terdeteksi.

“Jika masyarakat berani membakar lahan, maka akan terlihat di satelit, bahkan bisa terbaca siapa anda yang membakar,” ungkapnya.

Ia pun mengimbau dengan tegas agar masyarakat jangan berani membakar lahan dengan sengaja, selain menimbulkan akibat besar yang akan merugikan orang lain dan dipastikan akan merugikan diri sendiri karena akan dikenakan sanksi pidana. (AF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?