19 Oktober 2021

Siaga Bencana, BPBD Kalsel Siapkan Destana

1 min read

BANJARBARU – Adanya ancaman kebencanaan yang setiap saat terjadi, diperlukan kesiapsiagaan semua daerah. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui BPBD Kalsel telah menyiapkan program Desa Tangguh Bencana pada tahun ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kalsel Wahyuddin usai rapat persiapan desa tangguh bencana bersama BPBD Kabupaten Balangan dan Barito Kuala di kantor BPBD Kalsel d Banjarbaru, Rabu (3/7) pagi mengatakan, desa tangguh bencana ini dilaksanakan di desa Matang Hanau Kecamatan Lampihong Kabupaten  Balangan dan desa Batik kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito Kuala.

Menurut Ujud (sapaan akrab Wahyuddin), dua desa tersebut telah  memenuhi kriteria desa bencana. Yakni terpencil, akses jalan yang sulit, jarak yang jauh dan rawan bencana.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Sahruddin menambahkan, desa tangguh bencana atau destana sudah dilaksanakan sejak tahun 2014, hingga tahun  2018 kita sudah memiliki desa tangguh bencana sebanyak 24 Desa terdiri dari 22 desa dari pemerintah pusat atau BNPB dan 2 desa dari APBD Pemprov Kalsel.

“Dan tahun ini kita tambah  dua desa lagi dari APBD Prov. Kalsel sehingga berjumlah  seluruhnya 26 desa, dengan demikian diharapkan dapat mendorong terwujudnya masyarakat yang siap siaga menghadapi bencana,” ujarnya

Ditambahkan Muhari kasubid kesiapsiagaan kegiatan Destana, akan dilaksanakan mulai Juli hingga  5 bulan kedepan. Masyarakat yang akan dilatih sebanyak 40 orang oleh fasilitator provinsi dan Desa dengan penguatan materi manajem resiko bencana dan tatacara evakuasi.

“Desa juga akan diberikan peralatan pemadam kebakaran,” ucapnya. (HUM-BPBDKALSEL/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?