19 Oktober 2021

Kunjungi Tala, Paman Birin Beri 10 Ekor Sapi

2 min read

TANAH LAUT – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau yang akrab disapa Paman Birin melakukan kunjungan sekaligus Halal Bihalal  dengan para Camat, Kepala Desa/ Lurah, Ketua Dusun/ RT, Ketua RW se Kabupaten Tanah Laut (Tala) di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Selasa (2/7).

Dalam acara halal bihalal tersebut turut berhadir Bupati Tala Sukamta dan Wabup Tala Abdi Rahman serta seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) Tala.

Selain bersilaturahmi dengan para Camat, Kepala Desa/ Lurah, Ketua Dusun/ RT, Ketua RW se KabupatenTala, Paman Birin pun juga membagikan sepuluh ekor sapi untuk 5  Kepala Dusun/RT dan 5 Kepala Desa.

Namun sapi gratis tersebut tidak langsung didapat pleh para Kepala Desa dan Dusun, Paman Birin terlebih dahulu meminta 10 orang Kepala Desa dan 10 orang Kepala Dusun/RT untuk maju, lalu 20 orang tersebut beradu suit (bapingsut), usai pingsut, diambillah 10 orang yang beruntung untuk mendapatkan sapi secara cuma-cuma dari paman Birin.

“Saya akan memberikan sapi 10 ekor untuk para Kepala desa dan Ketua Dusun/RT, nanti akan kami kirim sapinya saat Hari Raya Idul Adha, agar bisa digunakan utnuk berkurban,” ujar Gubernur.

Dalam sambutannya tak ketinggalan orang nomor satu di Provinsi Kalsel tersebut melantunkan sebuah pantun,

“Ke Pelaihari memetik jagung, Jagung dibakar dimakan bersama-sama. Mudahan hadirin berataan menjadi orang yang beruntung, supaya rakyatnya jadi sejahtera,”  ucap Gubernur yang langsung mendapat tepuk tangan dari para hadirin.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor pun mengatakan bahwa Kabupaten tala adalah salah satu Kabupaten yang paling strategis di Kalsel.

“Kalau Tala sejahtera maka Kalsel juga pasti sejahtera, tadi kami ngobrol dengan Bupati dan Wakil saat ini mereka (Tala) mengembangkan peternakan di lahan bekas pertambangan,” ujar Paman Birin.

Lebih lanjut Ia juga menjelaskan bahwa hal tersebut adalah langkah luar biasa dimana dengan cara itu Kabupaten Tala diharapkan dapat mengirim hasil peternakannya ke Jawa Timur atau Jakarta. “Kalau hal tersebut terus dikembangkan kemungkinan nanti bisa kita kirim keluar pulau seperti Jawa Timur dan Jakarta, saat ini baru Kabupaten Tala yang melakukan hal ini, saya harap nanti di seluruh Kalsel menerapkan apa yang sudah dilakukan Tala yaitu memanfaatkan lahan bekas pertambangan menjadi peternakkan,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Tala Sukamta mengatakan, pihaknya sangat beruntung karena seluruh Camat, Kepala Desa/ Lurah, Ketua Dusun/ RT, Ketua RW se Kabupaten Tala dikumpulkan untuik bersilaturahmi dengan Gubernur Kalsel.

“Kita adalah Kabupaten pertama yang seluruh Camat, Kepala Desa/ Lurah, Ketua Dusun/ RT, Ketua RWnya melakukan halal bihalal langsung dengan pak Gubernur,” ujar Sukamta.

Mengenai penggunaan lahan bekas pertambangan menjadi lahan peternakan sapi, Sukamta mengatakan bahwa biasanya lahan bekas pertambangan diserahkan pada negara.

“Kami meminta untuk diserahkan ke Pemkab Tala saja, sehingga nanti kita jadikan kandang sapi yang akan kita kelola, kita saat ini melakukan pilot project dengan salah satu perusahaan,” ujarnya.

Menurut Sukamta, ini merupakan percontohan apabila Tala sukses nanti mungkin Pemprov Kalsel membuat Perda tentang lahan bekas pertambangan yang akan dijadikan peternakan,” tutupnya. (HUM-TALA/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?