16 Juni 2021

46 Ribu Ha Lahan Kritis, Jadi Target Revolusi Hijau 2019

2 min read

Kepala Dinas Kehutanan Kalsel.

BANJARMASIN – Program Revolusi Hijau yang digaungkan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor sejak menjabat pada 2016 lalu, hingga tahun 2019 ini kembali dilanjutkan.

Bahkan program Revolusi Hijau melalui penanaman pohon ini, menjadi salah satu program prioritas dinas kehutanan provinsi Kalsel. Jika tahun lalu targetnya adalah 32.000 ha lahan kritis tertanam melalui program Revolusi Hijau, maka pada tahun ini targetnya dinaikkan menjadi 46.000 ha.

Kepada Abdi Persada FM, Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan Hanif Faisol Nurofiq mengakui, bahwa tahun 2018 lalu, target 32.000 ha itu tidak terpenuhi, dan hanya tertahan pada 29.000 ha hingga akhir tahun 2018.
“Kami akui target 2018 tidak tercapai, karena banyak faktor, salah satunya musim kemarau. Namun jika dibandingkan pencapaian tahun-tahun sebelumnya, penanaman pohon pada 2018 jauh meningkat,” jelasnya saat ditemui Abdi Persada FM di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin pada Rabu (9/1).
Dengan begitu menurut Hanif, target penanaman pohon tahun 2019, optimis dapat tercapai. Apalagi didukung stakeholder dan mitra kerja, pada sisi pelaksanaannya di lapangan.
“Secara anggaran kami tidak sanggup mengcover seluruh kegiatan Revolusi Hijau. Namun untunglah ada bantuan dari pihak swasta, serta dari pemerintah pusat seluas 8.500 ha. Karena itu, kami optimis target 46.000 ha dapat terlaksana tahun ini,” tutupnya.

Program Revolusi Hijau melalui penanaman pohon di Kalsel, sebagian besar dilaksanakan di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam yang tergolong kritis akibat beberapa hal. Salah satunya adalah kebakaran hutan yang menghanguskan beberapa bagian dari kawasan Tahura. Selain itu, penanaman juga dilakukan di lahan kosong serta lahan tidur, seperti kawasan perkantoran pemerintah provinsi Kalsel di Banjarbaru. Kawasan hutan mini dan hutan kota itu, sebagian besar ditanami pohon Mahoni, Meranti dan Ulin. (RIW/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.