20 Juni 2021

DLH Banjar Kini Miliki Mobil Penyapu Debu

2 min read

Mobil Penyapu Debu Jalanan Saat Tes Drive.

BANJAR – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar menerima 1 unit mobil penyapu debu jalan (Road Sweeper) dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Mobil tersebut diserahkan langsung melalui Bupati Banjar Khalilurrahman kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar Boyke Tristiyanto, Senin (7/1) Pagi usai apel gabungan di halaman Pemkab Banjar Martapura.

Kepada sejumlah Wartawan Bupati Banjar Khalilurrahman mengatakan mobil penyapu debu tersebut atas permintaan pihaknya kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, dan dirinya bersyukur permintaan ini dapat di penuhi.

“Untuk bantu mobil penyapu debu jalan ini, saya meminta langsung kepada Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor (Paman Birin) setelah saya melihat langsung kepabriknya di Tanggerang,” Ujar Bupati Banjar Khalilurrahman yang akrab di sapa Guru Kholil.

Menurut Guru Kholil mobil dapat digunakan untuk membersihkan debu-debu yang ada di jalan, bahkan sampah-sampah yang ada di didrainase dapat disedot oleh mobil ini.

Dengan adanya Mobil tersebut Guru Kholil pun (sapaan akrab Bupati) berharap Kabupaten Banjar akan lebih bersih lagi dan pencapaian Adipura akan terus meningkat dan bertambah.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar Boyke Tristiayanto mengatakan untuk pengoperasiannya, pihaknya akan meminta ke Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan untuk memberikan pelatihan terhadap mobil tersebut.

“Hari ini sekitar jam 2 siang pihak DLH Provinsi Kalimantan Selatan akan mengadakan pelatihan kepada 3 daerah yang diberikan mobil tersebut yakni Kabupaten Banjar, Banjarbaru dan Banjarmasin, pihak kami diundang telah menyiapkan 3 operator untuk mengikuti pelatihan tersebut,” ujar Boyke.

Menurut Boyke mobil ini dioperasikan khusus untuk di jalan raya, karena untuk keselamatan bagi petugas pembersih jalan lebih aman. Untuk biaya pengoperasiannya Boyke menambahkan hanya menyiapkan bahan bakar saja, dan untuk pemeliharaannya sendiri di tahun 2019 ini masih di tanggung oleh pabrik. Untuk harga satu Unit Mobil penyapu debu tersebut berkisar 3 hingga 4 milyar rupiah. (AF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.