20 Juni 2021

5 Komoditi Bahan Pokok Naik Awal Tahun

2 min read

Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan Kabupaten Banjar Feriansyah.

BANJAR – Di pasar tradisional Martapura harga komoditi kebutuhan pokok seperti ayam potong mengalami kenaikan sedangkan harga telur ayam mengalami penurunan.

Hal tersebut berdasarkan pantauan Reporter Abdi persada Fm di Pasar Martapura, Senin (7/1) siang.

Ratna seorang pedagang ayam potong di pasar tersebut menyampaikan harga ayam potong saat ini mengalami kenaikan hingga mencapai 30 ribu rupiah perkilonya, sedangkan pada saat bulan maulid yang lalu hanya berkisar 20 – 22 ribu rupiah perkilonya. Menurut Ratna kenaikan ini juga berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.
” Biasanya dalam satu hari dapat menjual sampai 30 ekor, namun saat ini 20 ekor pun agak berat,” ujar Ratna.

Kenaikan harga ayam potong berbeda dengan harga telur ayam, berdasarkan informasi Ismail pedagang telur pasar Martapura, harga telur ayam sendiri mengalam penurunan sebesar Rp1.000 yang tadinya Rp26.000 menjadi Rp25.000 perkilonya, sedangkan untuk harga telur itik masih terbilang standar hingga saat ini yakni 2.400 rupiah per bijinya.

“Untuk daya beli masyarakat terhadap telur saat ini mengalami penurunan,” ujar Ismail.

Menaggapi hal ini Kabid Perdagangan Dinas perdagangan Kabupaten Banjar Feriansyah saat di konfirmasi, mengakui memang ada beberapa komoditi sembako mengalami kenaikan diawal tahun ini, seperti daging ayam potong, cabe merah, tomat, cabe rawit dan bawang merah. Namun menurut Feri untuk ketersediaan komoditi-komoditi tersebut di Kabupaten Banjar masih terbilang stabil, dan juga harga masih tergolong normal karena masih di bawah 9 persen kenaikannya.

” Kenaikan dipicu faktor cuaca extrem sehingga terganggunya pendistribusian bahan pokok tersebut, karena beberapa bahan pokok tersebut harus mendatangkan dari luar Kalimantan,” jelas Feri.

Lebih Lanjut Feri mengatakan disamping pendistribusiannya terganggu akibat cuaca, permintaan akan kebutuhan bahan pokok tersebut juga meningkat, oleh karena itu pihaknya akan melakukan monitoring secara intensif terhadap pasar-pasar tradisional di kabupaten ini. (AF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.