18 Juni 2021

Hore ! Januari, Insentif Guru Honorer Naik

1 min read

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, M. Yusuf Effendie saat diwawancarai wartawan di Banjarmasin, Kamis (3/1/2019).

BANJARMASIN – Minimnya gaji guru dan tenaga kependidikan non PNS di lingkungan SMA/SMK dikeluhkan banyak pihak. Hingga Pemprop Kalsel didesak untuk menaikkan insentif karena dinilai tidak layak. Menyikapi desakan itu, Gubernur Sahbirin Noor merespon dan menginstruksikan SKPD terkait, terhitung 1 Januari 2019 ini gaji guru honorer menjadi Rp. 1,5 juta.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, Muhammad Yusuf Effendie mengatakan untuk menambah kesejahteraan guru honorer, Pemprop menaikkan insentif sebesar 50 persen yakni menambah Rp500 ribu perbulan setiap guru. Tetapi kenaikan hanya berlaku bagi 5.700 guru SMA dan SMK Negeri. Menurut Yusuf mengatakan kebijakan ini sebagai wujud perhatian dan keprihatinan Gubernur atas masih minimnya honor guru Non PNS.

“Meskipun selain insentif satu juta rupiah, mereka berkesempatan menambah penghasilan dari jam belajar yang lebih 12 jam. Sumber dananya bisa diambil dari Bosnas dan Bosda,” katanya.

Kenaikan insentif guru non PNS ini disambut hangat Wakil Rakyat Provinsi. Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Yazidie Fauzy mengatakan guru honorer layak mendapatkan apresiasi kenaikan gaji, mengingat tingginya dedikasi dan pengabdian mereka di dunia pendidikan. Menurutnya honor yang ideal bagi guru honorer minimal setara upah minimum propinsi (UMP) sebesar Rp2,6 juta.

“Semoga dengan kenaikan insentif ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Banua kita,” harapnya.

Sebelumnya, dalam rapat paripurna dewan akhir tahun 2018 lalu, Anggota Legislatif menyoroti isu minimnya gaji guru Non PNS di lingkungan SMA/SMK se Kalsel. Anggota dewan melakukan interupsi terhadap Gubernur Sahbirin Noor agar menaikkan insentif guru honorer. Kala itu Paman Birin (panggilan akrab Gubernur) berjanji akan mengakomodir aspirasi ini sesuai kemampuan keuangan daerah. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.