18 Juni 2021

Laporan Dana Kampanye Seluruh Parpol Peserta Pemilu Sudah Masuk KPU

1 min read

Ketua KPU Kota Banjarmasin, Khairunnizan.

BANJARMASIN – Keseluruhan peserta pemilu telah rampung  melakukan penyampaian Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) sebelum ditutup  KPU, jam 18.00 Wita, pada Rabu (2/1) kemarin.

Dalam jumpa persnya, Kamis (3/1) Ketua KPU Kota Banjarmasin Khairunnizan, menyampaikan seluruh partai partai politik dan tim kampanye pasangan calon calon presiden dan calon wakil presiden telah datang melaporkan penerimaan sumbangan kampanye. Hasil laporan penerimaan sumbangan dana kampanye dari 15 partai politik, partai Perindo dengan nominal Rp589 miliar, sedangkan sumbangan paling sedikit diterima Partai Solidaritas Indonesia dengan besaran cuma Rp1 juta. Selanjutnya untuk paslon Capres dan Cawapres Nomor Urut Satu dan Dua masing masing masih Nol Rupiah.

“LPSDK merupakan pembukuan yang memuat seluruh penerimaan yang diterima partai politik hingga paslon, untuk dialokasikan dana kampanye,” kata Nizan.

Nizan menambahkan, untuk laporan sumbangan dana kampanye bagi 13 partai politik lainnya yakni Berkarya Rp7 juta, PDI Perjuangan Rp56 juta, PBB Rp63 juta, PAN Rp65 juta, Nasdem Rp22 juta, Golkar Rp209 juta, Gerindra Rp106 juta, Garuda Rp10 juta, Demokrat Rp140 juta, PPP Rp107 juta, PKB Rp17 juta, PKS Rp26 juta, dan Hanura Rp16 juta.

Lebih lanjut Nizan menjelaskan, dalam Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 telah dibatasi sumbangan dana kampanye perseorangan maksimal Rp2,5 miliar, dan sumbangan dana kampanye yang berasal dari kelompok perusahaan atau badan usaha non pemerintah tidak boleh melebihi Rp25 miliar. (NHF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.