20 Juni 2021

Sabtu dan Minggu Tetap Bisa Urus Paspor di Imigrasi

2 min read

Suasana pelayanan pembuatan paspor di kantor imigrasi.

BANJARMASIN – Dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke-69, yang puncak peringatannya akan dilaksanakan pada HUT Imigrasi 26 Januari 2019, maka sesuai dengan instruksi Direktur Jenderal Imigrasi tertanggal 18 Desember 2018,  seluruh kantor imigrasi di Indonesia harus memberikan pelayanan simpatik penerbitan paspor pada Sabtu atau Minggu. Yakni mulai 29 Desember 2018 sampai dengan 15 Januari 2019.

“Pelayanan penerbitan paspor ini dilakukan baik untuk paspor baru, maupun penggantian karena rusak, hilang, halaman penuh atau habis masa berlaku,” jelas Dodi Karnida Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan.

Dodi menambahkan, biaya paspor 24 halaman/5 tahun tarifnya Rp.155.000,- sedangkan paspor 48 halaman/5 tahun tarifnya Rp.355.000.- yang seluruh pembayarannya dapat dilakukan di ATM bank manapun. “Khusus di wilayah Kalimantan Selatan, kami instruksikan kepada Kakanim Banjarmasin dan Batulicin, agar selain pelayanan penerbitan paspor, juga melakukan Pelayanan Komunikasi Masyarakat (YANKOMAS).  Karena kantor imigrasi sejak bulan November kemarin juga sudah memiliki Pos YANKOMAS, yaitu pos pengaduan dari masyarakat yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran HAM, yang masalahnya belum ditangani oleh penegak hukum baik polisi maupun Jaksa,” tambahnya.

Sementara itu, Syahrifullah Kepala Kantor Imigrasi Banjarmasin menyampaikan, pihaknya memilih melakukan pelayanan simpatik ini Sabtu tanggal 29 Desember ini, kemudian tanggal 5, 12 dan 19 Januari 2019. Bahkan kami juga telah menerbitkan sebanyak 86 paspor bagi mereka yang datang langsung (walk in). Karena untuk pelayanan paspor simpatik dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ini, kepada pemohon tidak diwajibkan untuk melakukan antrean online.

“Jadi pemohon yang datang dengan persyaratan yang lengkap langsung kita layani sampai tuntas. Sedangkan tahapan pembayarannya dilakukan oleh pemohon sendiri melalui ATM bank, dan paspor baru boleh diambil seperti biasa yaitu 4 (empat) hari kerja setelah pembayaran,” jelasnya.

Selanjutnya Dodi menambahkan, bahwa untuk Kanim Batulicin sesuai dengan laporan yang diterimanya dari Kasi Dokumen Perjalanan Dody Cindur Mato, masih belum ada pelayanan karena ada kendala pada sistem pelayanan. Namun demikian mulai Senin 31 Desember 2018, dapat dipastikan bahwa sistem sudah berjalan normal kembali sehingga dapat melayani pada hari biasa maupun pada setiap hari Sabtu mendatang.

Khusus untuk YANKOMAS, sejak diresmikan Pos Yankomas pada masing-masing kantor imigrasi, sampai saat ini belum ada pengaduan sama sekali. Jika tidak ada pengaduan, dapat saja diartikan bahwa tidak terjadi adanya dugaan pelanggaran HAM. Apalagi seluruh 13 Kabupaten Kota di Kalimantan Selatan, telah mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo pada Acara Puncak Peringatan Hari HAM Sedunia pada 11 Desember 2018 yang lalu di Jakarta.  Yaitu sebagai Kabupaten Kota Peduli HAM.

Berkaitan dengan Penghargaan HAM dari Presiden, di Kalimantan Selatan ini tidak hanya ditujukan kepada Kabupaten/Kota saja karena Kantor Imigrasi Banjarmasin dan Lembaga Pemasyakatan Perempuan Martapura juga mendapatkan penghargaan sebagai Kantor Pelayanan Publik Berbasis HAM, karena kedua kantor tersebut telah menyediakan fasilitas pelayanan masyarakat yang memerlukan perlakuan khusus. (HUMKEMENKUMHAM-KALSEL/RIW/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.