20 Juni 2021

Raperda Minerba Rampung Dibahas

1 min read

Ketua Pansus Raperda Pengelolaan Minerba di Kalsel, Riswandi.

BANJARMASIN – Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Pengelolaan Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba) di Kalsel sudah selesai dibahas di tingkat Panitia Khusus (Pansus). Hal itu disampaikan Ketua Pansus Raperda tersebut, Riswandi kepada wartawan, usai rapat finalisasi di ruang Komisi III DPRD Kalsel di Banjarmasin, Senin (31/12).

Menurutnya, pembahasan Raperda ini memerlukan waktu relatif lama sejak diajukan pada bulan Februari 2018 lalu, karena menunggu terbitnya regulasi terbaru berupa Peraturan Pemerintah maupun Peraturan Menteri ESDM. Hal itu sesuai dengan saran Kementerian ESDM ketika Pansus melakukan konsultasi, beberapa waktu lalu. Selanjutnya, regulasi tersebut terbit pada akhir November 2018 dan baru diterima Pansus pada awal bulan Desember tadi. Oleh karena itu, Pansus kemudian menggelar rapat-rapat untuk finalisasi Raperda tersebut.

Riswandi mengungkapkan poin-poin utama dalam Raperda Pengelolaan Minerba di Kalsel itu mengacu kepada PP dan Permen yang terbaru.

Politisi PKS ini menambahkan setelah finalisasi ini, raperda akan segera dikirim ke Kemendagri yang berkordinasi dengan Kementerian ESDM untuk mendapatkan fasilitasi dan evaluasi.

“Pengesahannya menjadi Perda tergantung dari hasil fasilitasi tersebut,” pungkasnya. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.