20 Juni 2021

Libur Panjang, Ini Pesan Kapolda Kalsel

2 min read

: Kapolda Kalsel (tengah, menunjuk) saat mengunjungi salah satu pos pengamanan Natal dan Tahun Baru di Banjarmasin pada Senin (24/12) siang.

BANJARMASIN – Senin (24/12) sore, dua bus berwarna hitam terlihat melaju beriringan di jalan protokol Banjarmasin, dengan pengawalan satu motor dan mobil patroli polisi. Mereka adalah iring – iringan Polda Kalimantan Selatan yang sedang melakukan peninjauan langsung ke sejumlah Pos Pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Banjarmasin, yang dipimpin langsung Kapolda Yazid Fanani. Titik yang didatangi adalah pos di jembatan Merdeka, pos jalan Simpang Ulin dan pos jalan Lambung Mangkurat depan kantor Pos Banjarmasin.

Kapolda Kalsel Yazid Fanani mengatakan, para personil kepolisian sengaja ditempatkan disejumlah titik rawan, khususnya yang menjadi pusat berkumpulnya massa.

“Beberapa ruas jalan utama, khususnya yang dekat dengan pusat pertokoan dan perbelanjaan, lalu lintas padat. Oleh karena itu kita tempatkan anggota untuk pengaturan, sehingga aktivitas masyarakat yang saat ini mobilitasnya tinggi, dapat berjalan lancar,” jelasnya kepada wartawan.

Pengaman juga disiagakan di seluruh rumah ibadah Kristiani yang sudah akan menggelar misa, pada Senin (24/12) malam ini. Dimana personil TNI juga turut dilibatkan.

“Semua gereja kita tempatkan personil. Semakin besar gereja, semakin banyak pula personil yang ditempatkan. Harapannya agar para jemaat dapat beribadah dengan khusyuk, tanpa gangguan teror,” paparnya.

Kapolda juga menambahkan, perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini berbarengan dengan libur panjang anak sekolah, sehingga masyarakat banyak beraktivitas di luar rumah, terutama mengunjungi sejumlah objek wisata, salah satunya pantai.

“Kami menghimbau masyarakat untuk tetap waspada, saat berwisata ke kawasan pantai. Apalagi dua hari lalu, wilayah pesisir Selat Sunda diterjang tsunami, yang diduga disebabkan aktivitas erupsi gunung anak Krakatau. Selain itu saat ini sedang puncak musim hujan, dan juga kawasan perairan sedang tidak bersahabat,” pesannya.

Pesan Kapolda ini, sejalan pula dengan surat himbauan BMKG soal kondisi perairan seluruh Indonesia yang mengalami kondisi cuaca buruk, dan gelombang tinggi.

Untuk kelancaran pelaksanaan operasi kepolisian terpusat Lilin Intan 2018 di Kalimantan Selatan, Polda Kalsel menurunkan 1.654 personilnya untuk mengamankan perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Mereka ditempatkan disejumlah pos pengamanan serta rumah ibadah di seluruh Kalimantan Selatan. Khusus di Banjarmasin, sejumlah ruas jalan ditutup untuk kendaraan bermotor atau diberlakukan aturan car free day, pada malam pergantian tahun. Salah satunya sepanjang jalan Lambung Mangkurat, yang setiap tahunnya selalu menjadi lokasi berkumpulnya massa untuk perayaan tahun baru. (RIW/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.