20 Juni 2021

Izin Bandara Warukin Untuk Umum, Diharapkan Terbit 2019

1 min read

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Suripno Sumas.

BANJARMASIN – Bandara Warukin Kabupaten Tabalong dinyatakan layak menerima Surat Keputusan (SK) berstatus bandara khusus melayani umum yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Pasalnya, hasil verifikasi bandara ini dinyatakan layak, meski ada beberapa catatan.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Suripno Sumas menyampaikan, informasi itu didapatkannya ketika menghadiri undangan dari Dirjen Perhubungan Udara bersama dengan Bupati Tabalong, Kadis Kominfo Tabalong dan Anggota Komisi III DPRD Tabalong pada Selasa (18/12) lalu.

Menurutnya, beberapa catatan yang disampaikan diantaranya agar Bupati Tabalong dan Kadis Kominfo Tabalong segera berkonsultasi dan berkoordinasi dengan Direktur Pelayanan Angkutan Udara untuk menentukan jaringan layanan penerbangan. Karena sementara ini layanan penerbangan yang ada yaitu Warukin-Balikpapan, Warukin-Banjarmasin, Warukin-Jakarta. Karena nantinya dengan dikeluarkannya izin status Bandara Khusus melayani Umum maka perlu ada penambahan jaringan dan pengusaha-pengusaha angkutan udara yang berminat membuka layanan di Bandara tersebut.

Suripno mengungkapkan proses ini sudah masuk ke Biro Hukum Kementerian Perhubungan untuk diproses penerbitan KP nya. Dengan catatan, di satu sisi Kementerian akan segera memproses KP nya, tapi di sisi lain ada beberapa catatan yang harus dilengkapi.

“Dalam pertemuan itu, disepakati pada awal Maret 2019 mendatang sudah bisa diterbitkan SK Bandara Warukin berstatus khusus melayani umum tersebut,” pungkasnya. (NRH/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.