18 Juni 2021

20 Ribu KTP-el di Banjarmasin Dibakar

2 min read

Wakil Walikota Banjarmasin memimpin pembakaran KTP-el di halaman Balaikota Banjarmasin.

BANJARMASIN – Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, atau adanya penyalahgunaan KTP-el yang invalid dan rusak. Maka, KTP-el tersebut diperintahkan untuk di bakar. Oleh karena itulah, pada Selasa (18/12) di halaman Balaikota Banjarmasin dilakukan pembakaran KTP-el yang dipimpin langsung Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah didampingi Sekda Kota Banjarmasin Hamli Kursani.

Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah menyampaikan, kepada sejumlah wartawan, pembakaran KTP-el bertujuan agar tidak ada penyalahgunaan KTP-el baik dalam perbuatan kriminal maupun dalam kepentingan lainnya.

“Oleh sebab itu, momentum saat ini dimanfaatkan untuk tidak ada terjadi lagi penyalahgunaan KTP-el dalam segala bentuk penyalahgunaan apapun, baik untuk kepentingan perorangan maupun kepentingan orang banyak,” ujar Hermansyah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Khairul Saleh menyampaikan, setelah maraknya kasus tercecer KTP-el di daerah lain di Indonesia, akhirnya dari Kemendagri menginginkan pembakaran agar tidak bersisa lagi dan kemudian tidak ada lagi penyalahgunaan KTP-el kedepannya.

Menurut Khairul, sebelumnya KTP-el yang invalid dan rusak dikumpulkan dan setelah terkumpul di kirim ke pusat.

“Hal inilah, bisa membuat KTP-el tercecer. Untuk menghindari hal tersebut, maka saat ini KTP-el invalid dan rusak langsung dibakar di daerah masing-masing,” ucap Khairul.

Khairul mengatakan, untuk KTP-el rusak di Kota Banjarmasin ini dijaga dengan aman, baik di kecamatan maupun di kantor Disdukcapil tersimpan dalam gudang yang dijamin keamanannya, sehingga kasus tercecer tidak pernah terjadi di Kota Banjarmasin.

Seperti diberitakan sebelumnya, pembakaran KTP-el tersebut, sebagai bentuk pemusnahan yang di perintahkan oleh Dirjen Dukcapil melalui Surat Edaran bernomor 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan ektp yang Rusak atau Invalid, yang ditujukan kepada bupati dan walikota di seluruh Indonesia. (SRI/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.