16 Juni 2021

Lapor Paman Harumkan Banua

2 min read

Wakil Gubernur Kalsel (sasirangan putih) berfoto bersama kadis Kominfo Kalsel (sasirangan merah) usai menerima penghargaan TOP 25 SP4N dari Kemenpan RB pada Senin (10/12) di Batam.

BATAM – Seakan tak mau ketinggalan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kalimantan Selatan yang lebih dulu menorehkan prestasi nasional dalam beberapa bulan terakhir ini, Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel pun, turut mengharumkan Banua.

Iniasisi cerdas dalam mengelola  pengaduan pelayanan publik sebagaimana diamanatkan Undang Undang nomor 25/1999, tentang Pelayanan Publik, serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 39 tahun 2018, Dinas Kominfo Kalsel melalui Inovasi Lapor Paman, berhasil masuk dalam TOP 25 Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) 2018, melalui aplikasi LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat).

Penghargaan diserahkan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB  Diah Natalisa kepada Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan, di Hotel Harmoni One Kota Batam, Senin (10/12).

“Kami sangat bangga dan berterima kasih  kepada kementerian, BUMN dan pemerintah provinsi, kabupaten/kota yang pada hari ini dianugerahi piagam penghargaan. Ini merupakan salah satu bukti keseriusan dalam mengelola SP4N,”  ucap Diah Natalisa, saat memberikan sambutan pada acara penyerahan piagam penghargaan.

Diah merincikan, Kementerian, BUMN,  Provinsi, Kabupaten/Kota yang masuk dalam TOP 25 SP4N tersebut adalah, Kementerian Hukum dan HAM,  Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kemenpan RB, Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Di tingkat provinsi tercatat, Pemerintah Provinsi Kalsel, DI Yogyakarta, dan Sumatera Selatan. Untuk tingkat pemerintah kabupaten/kota tercatat, kota Banjarmasin, Cirebon, Bandung, Solok, Medan, Banjarbaru, Sukabumi, Ambon, Malang, Bojonegoro, Banyuwangi, Bulukumba, dan Kendal. Sedang dari BUMN, BPJS Kesehatan dan PT Pos Indonesia.

Di antara instansi yang ditetapkan masuk dalam TOP 25 Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, terang Diah, sepuluh diantaranya telah ditetapkan  masuk pada TOP 10 terbaik Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik 2018.

Diah menjelaskan, tujuan SP4N diantaranya agar penyelenggara dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas, dan terkoordinasi dengan baik.

Sementara Wakil Gubernur Rudy Resnawan mengatakan, torehan prestasi nasional berupa TOP 25 melalui Program SP4N Lapor Paman merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah daerah, untuk memberi ruang kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi pelayanan publik.

“Mari kita terus sempurnakan aplikasi pelayanan laporan pelayanan publik ini agar semakin terintegrasi mudah,cepat dan tepat. Dan tentunya lebih cepat pula dalam merespon apa yang diharapkan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Chairun Ni’mah, Kepala Seksi Pengelolaan Opini Publik Bidang Komunikasi Publik Diskominfo Kalsel menambahkan,  pihaknya akan terus menyempurnakan aplikasi untuk layanan aspirasi dan pengaduan masyarakat. Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan aspirasi silakan melewati kanal LAPOR, dengan format LAPORPAMAN (spasi) isi aduan, kirim ke 1706 atau lewat website www.lapor.go.id. (HUMPROV/RIW/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.