16 Juni 2021

Pansus Raperda Perhubungan Kunjungi Jawa Barat

1 min read

Suasana Pertemuan Pansus Raperda Penyelenggaraan Perhubungan di Kalsel dengan Dishub Provinsi Jawa Barat, di Bandung, Senin (3/12/2018).

BANJARMASIN – Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Perhubungan di Kalsel melakukan studi komparasi ke Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat di Bandung, Senin (3/12). Ilham Noor, salah satu anggota Pansus ini  mengatakan pihaknya memilih studi komparasi ke Dishub Provinsi Jabar karena Dishub Jabar sudah memiliki Perda serupa yang baru saja direvisi pada tahun 2017 lalu. Oleh karena itu, Pansus ingin mempelajari lebih mendalam lagi terkait Perda Penyelenggaraan Perhubungan di Jabar.

 

Selain itu, Pansus juga ingin mengetahui saran dari Dishub Jabar tentang isu terkait dengan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Perhubungan yang akan diterbitkan oleh Pemerintah Pusat. Karena akan ada beberapa konten dan materi di dalam RPP tersebut yang memuat peralihan kewenangan dari pusat ke provinsi ataupun peralihan kewenangan dari provinsi ke pusat.

 

“Apakah pengesahan raperda yang sedang dibahas pansus ini harus menunggu terbitnya RPP tentang Perhubungan itu atau tidak,” katanya.

 

Ilham menambahkan hasil dari studi komparasi ini diharapkan bisa dijadikan sebagai masukan untuk memperkaya draft materi raperda yang sedang dibahas Pansus DPRD Kalsel.

 

Sementara itu, dalam waktu bersamaan Panitia Khusus Raperda tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman di Kalsel melakukan studi komparasi pula ke Biro Hukum Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Jakarta, Pansus Paperda Tentang Perubahan Perda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalsel Tahun 2016 – 2021 melakukan studi komparasi ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat di Bandung serta Pansus Raperda Penyelenggaraan Kelautan dan Perikanan di Kalsel melakukan konsultasi ke Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta. (NRH/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.