18 Juni 2021

Desa Gudang Hirang Meriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW Dengan Ba Ayun Maulid

2 min read

Ket. Suasana Ba ayun Maulid dalam rangka memeriahkan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Gudang Hirang Kacamatan Sungai Tabuk.

BANJAR – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1440 Hijriah, di meriahkan dengan Tradisi Adat Banjar Ba Ayun Maulid oleh Warga Handil Buluan, Selasa (20/11) di Halaman Mesjid Al Hidayah Desa Gudang Hirang Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.

Menurut Kepala Desa Gudang Hirang Syahrani Tradisi Ba Ayun Maulid ini di selenggarakan tak lain untuk memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, selain itu tradisi ini untuk melestarikan adat budaya Banjar yang sudah turun temurun.
” Masyarakat sangat antusias mengikuti Peringatan Maulid dengan tradisi Ba ayun Maulid , di tahun ini peserta yang mengikuti lebih dari 100 orang dan lebih banyak dari tahun sebelumnya, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa” ujar Syahrani.

Syahrani yang akrab dipanggil pembakal ini, berharap kegiatan Maulid Ba ayun dalam rangka memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW akan terus berlanjut dan terus di tingkatkan di desanya.

Sementara itu salah satu Tokoh Agama Guru Gafuri Rahman yang juga hadir dalam peringatan tersebut mengungkapkan, peringatan ini selain untuk menambah ketakwaan kepada Allah SWT dan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, kegiatan ini pula untuk mengakrabkan dan mempererat jalinan silaturrahmi sesama warga.
” kegiatan tradisi ba ayun Maulid ini untuk mengakrabkan dan menumbuhkan rasa kekeluargaan karena kearkraban untuk menjalin silaturahmi ini sudah mulai hilang seiring dengan kemajuan jaman saat ini, Ujar Gafuri Rahman yang akrab di sapa Guru Gafuri.
Lebih lanjut Guru Gafuri berharap dengan kegiatan seperti ini jainan silaturrahmi dan ke akraban sesama warga semakin meningkat.

Di tempat yang sama Aspihan Warga Handil Buluan Desa Gudang Hirang Kecamatan Sungai Tabuk kepada Abdi Persada Fm mengungkapkan dirinya menyambut baik dengan kegiatan Ba ayun Maulid ini, dirinya pun bersyukur karena tidak jau-jauh harus ke Kabupaten Tapin (Rantau) yang terkenal dengan tradisi tersebut.
” Al hamdulillah di tempat saya ada di gelar acara Ba ayun Maulid dalam rangka memeriahkan peringatan Maulid Nabi besar Muhmmad SAW, hanya dengan mendaftar 50 ribu rupiah per ayunan saya bisa ikut serta, saya juga senang dapat ikut memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW , tak lain untuk mengambil berkah dan berharap mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW ” Ungkap Aspihani. (AF/FHF/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.