15 Juni 2021

Banjar: Aparatur Desa Dilatih Manajemen Pemerintahan

2 min read

Bupati Banjar Saat membuka Pelatihan Aparatur Pemerintah Desa Dalam Bidang Manajemen Pemerintahan Desa tahun 2018

MARTAPURA,INFOPUBLIK – Sebanyak 240 aparatur desa mengikuti kegiatan Pelatihan Pelatihan Aparatur Pemerintahan Desa tentang Manajemen Pemerintahan Desa. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ini digelar di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, di Martapura, Selasa (13/11).

Bupati Banjar H Khalilurrahman yang membuka pelatihan mengarahkan para pembakal untuk menjalankan roda pemerintahan desa dengan baik, dan dapat dipertanggung jawabkan kepada masyarakat melalui mekanisme yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Saya mengajak semua yang berhadir di sini agar membangun komitmen bersama untuk menyelenggarakan pemerintahan desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif,” ucap Bupati Banjar.

Bupati yang akrab disapa Gur Khalil ini mengharapkan kepada seluruh peserta pelatihan, agar menggali ilmu dan saling bertukar informasi dalam upaya peningkatan kemampuan aparatur pemerintah desa.

Sehingga setelah selesai penyelenggaraan dari pelatihan ini peserta mampu memahami kebijakan pemerintah, dalam tata kelola pemerintahan desa, kaidah-kaidah penyusunan peraturan desa, memahami prinsip pengawasan dana desa yang berintegritas dan profesional.

Semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi peningkatan pengetahuan aparatur pemerintah desa di Kabupaten Banjar, sehingga terwujudnya  percepatan pembangunan yang selaras nawacita Presiden Republik Indonesia dalam upaya membangun Indonesia dari pinggiran dan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia. Dan khususnya Kabupaten Banjar agar masyarakatnya Sejahtera dan Barokah,” imbuh Khalilurrahman.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar H Aspihani mengatakan, peserta kegiatan pelatihan pemerintahan desa tahun 2018, berjumlah 1.385 orang yang dibagi menjadi 5 angkatan, terdiri dari 5 orang per desa di wilayah Kabupaten Banjar.

Aspihani melaporkan pada pelatihan angkatan ketiga kemarin berasal dari desa di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Kertak Hanyar, Kecamatan Beruntung Baru dan Kecamatan Karang Intan. “Jumlah desa berhadir pada hari ini sebanyak 48 desa jadi masing-masing desa 5 orang dengan jumlah keseluruhan yang berhadir 100% jadi 240 orang yang semuanya berhadir,” tambahnya.

Tampak juga hadir pada acara tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudhatul Wardiyah para kepala dinas, wakil ketua DPRD Kabupaten Banjar, para asisten, camat dan kepala desa. (MC Kominfo-Kab.Banjar/Man/Dani/AF/FHF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.