18 Juni 2021

Disdik Kalsel Diharapkan Bangun SMKN 4 Di Kabupaten Batola

2 min read

Suasana pertemuan Komisi IV DPRD Kalsel dan Komisi II DPRD Kabupaten Batola di Banjarmasin, Senin (5/11).

BANJARMASIN – Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan diharapkan untuk membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 di Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala (Batola) pada tahun 2019. Mengingat pengadaan lahan untuk pembangunan SMKN  tersebut sudah dianggarkan  mulai 2013 lalu. Harapan itu disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Batola, Reidhan Winata kepada wartawan seusai pertemuan dengan Komisi IV DPRD Kalsel di Banjarmasin, Senin (5/11/2018). Menurutnya keberadaan SMKN 4 di Kelurahan Semangat Dalam, Kecamatan Alalak, Kabupaten Batola tersebut dinilai penting. Lantaran dibangun di lahan yang lingkungan padat penduduk. Dimana warga yang bermukim di tempat tersebut tidak hanya dari Kabupaten Batola, tapi juga warga pendatang. Untuk itu, Reidhan berharap agar pemprov Kalsel melalui Dinas Pendidikan untuk membangun SMKN 4 di lahan seluas tiga hektar yang telah disiapkan pemkab Batola.

“Karena pengelolaan SMKN tersebut, saat ini telah beralih menjadi kewenangan pemerintah provinsi,” katanya.

Sementara, Sekretaris Komisi IV DPRD Kalimantan Selatan, Iskandar Zulkarnain menyatakan Komisi IV mendukung aspirasi yang disampaikan wakil rakyat dari Batola tersebut. Karena, menurutnya dari sisi luas lahan yang mencukupi untuk dibangunnya SMKN disana dan di lingkungan jumlah penduduknya yang sangat padat.

“Dari pertemuan dengan Dinas Pendidikan Kalsel, diungkapkan bahwa nanti Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel bersama dewan akan meninjau ke lapangan untuk melihat kondisi lahan,” katanya.

Sedangkan, Kepala Seksi Kelembagaan, Sarana dan Prasarana Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, Rusmiati menyatakan pembangunan SMKN 4 di Kabupaten Batola merupakan salah satu skala prioritas pembangunan SMK  di Kalsel. Ia mengungkapkan Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel sudah berencana akan melakukan verifikasi untuk lokasi lahan pembangunan SMKN tersebut. Ke depan, pihaknya bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah  (TAPD) Provinsi Kalsel  akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan SMKN tersebut pada APBD Perubahan 2019 mendatang.

“Karena, untuk APBD 2019, alokasi anggaran untuk pembangunan SMKN Jaro Kabupaten Tabalong,” katanya. (NRH/FHF/RRF)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.