18 Juni 2021

Paman Birin, Sosok Gubernur Yang Dekat Dengan Rakyat

2 min read

Suasana makan siang gubernur bersama petani di Sungai Batang pada Rabu (24/10).

BANJAR – Sederhana dan bersahaja. Kesan ini melekat pada sosok Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor. Bahkan tak hanya itu, pola kepemimpinanya pun tak berjarak dengan rakyatnya. Di mana pun Ia berada , selalu menebarkan persahabatan. Tak heran, jika dalam sebuah kegiatan yang dihadiri orang nomor satu di lingkup provinsi Kalsel ini, suasana menjadi cair dan meninggalkan kesan. Soal kedekatan Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel itu dengan rakyat, misalnya saja terlihat saat makan siang bersama dengan petani, di pondokan sawah Desa Sungai Batang, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Rabu (24/10) siang.
Suasana penuh kehangatan sangat terasa meski hidangan yang disajikan cukup sederhana, termasuk Garinting Sapat (ikan sepat kering), hingga dialog pun mengalir ringan.

Para petani tak sungkan menceritakan aktivitas menanam bibit padi dengan sistem tugal menggunakan alat terbuat dari kayu, dengan cara menumbukan permukaan kayu yang telah di desain sedemikian rupa ke atas lahan sawah, untuk selanjutnya ditanamkan beberapa butir padi.
“Kami sangat senang dengan sosok Paman Birin. Beliau tidak hanya ramah tetapi juga humoris dan memiliki kepedulian dengan masyarakat,” tutur Marliah, salah seorang petani.
Menurut Marliah, meski Paman Birin berstatus sebagai gubernur, namun dalam kesehariannya tidak sungkan turun ke sawah menanam padi bersama petani.
“Bahkan beliau terlihat mahir dalam menanam maupun saat panen padi,” ujar Marliah.
Hal senada juga diutarakan Noordiah, petani lainnya dari Desa Sungai Batang. Menurutnya, Paman Birin termasuk salah seorang sosok pemimpin yang gemar bekerja. Salah satu buktinya, gemar berbaur bersama para petani untuk menanam bibit maupun saat panen.
“Beliau termasuk sosok pemimpin yang memiliki semangat tinggi, gemar bekerja dan memberikan keteladanan penting untuk selalu berikhtiar. Kami sangat termotivasi dengan keteladanan yang dicontohkan untuk bekerja keras dan bekerja gembira,” ucap Noordiah.

Tiada hari tanpa dekat dengan rakyat. Ini juga menjadi sisi lain dari sifat positif sosok H Sahbirin Noor. Seperti aktivitasnya pada Rabu (24/10). Pagi hari menerima sejumlah tamu yang datang di rumah dinasnya, Jl R Suprapto. Menjelang siang langsung meluncur menghadiri peletakan batu pertama pembangunan kantor sekretariat Pondok Pesantren Takhashush Diniyah, Jl Handil Gayam, Desa Kampung Baru, Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar.
Usai dari kegiatan di Pondok Pesantren, pria kelahiran 12 November 1967 ini kembali bergotong royong menebar bibit padi bersama petani di Desa Sungai Batang, Kecamatan Martapura Barat. (HUMASPROVKALSEL/RIW/FHF/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.