21 Juni 2021

BP Perda DPRD Kalsel Berkunjung Ke Banleg DPR RI

1 min read

Pimpinan dan Anggota BP Perda DPRD Kalsel ketika berkunjung ke Banleg DPR RI di Jakarta, Senin (22/10).

JAKARTA –  Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP PERDA) DPRD Kalimantan Selatan melakukan kunjungan kerja ke Badan Legislasi (Banleg) DPR RI di Jakarta, Senin (22/10). Menurut Wakil Ketua BP Perda DPRD Kalsel, Fikri, tujuan dari kunjungan tersebut adalah meminta saran, pendapat dan masukan terhadap sinkronisasi dan harmonisasi Program Legislasi Nasional (Prolegnas) dengan Program Pembentukan Perda Kalsel (Propemperda) Tahun 2018 dan penyusunan Propemperda Kalsel Tahun 2019. Serta langkah-langkah apa saja yang dilakukan oleh Badan Legislasi DPR RI dalam hal ini mensinkronkan dan mengharmonisasikan Prolegnas dengan Perda. Lebih lanjut, Politisi Partai Demokrat ini menjelaskan didalam program pembentukan perda yang sudah tercantum terkadang pihaknya kesulitan membahas suatu raperda dikarenakan terkait dengan regulasi diatasnya. Sehingga harus menunggu terbitnya regulasi tersebut apakah bentuknya Undang-Undang Peraturan Presiden atau Peraturan Pemerintah.

“Kami juga ingin mengetahui langkah-langkah apa saja yang dilakukan Banleg terhadap Prolegnas supaya sinkronisasi dengan Perda agar keterarahan dan keselarasan turunan Undang-Undang, PerPres maupun PP dan tidak tumpang tindih regulasi,” katanya
Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerja dewan dalam menghasilkan perda yang berkualitas dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan diatasnya. (NRH/FHF/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.