18 Juni 2021

Kearsipan Penting Harus Ditata Kelola

2 min read

Suasana saat di gelarnya Sosialisasi Kearsipan di Aula Barakat Martapura.

BANJAR – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Kearsipan bagi pengelola kearsipan di lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar, Kamis (18/10) pagi di Aula Barakat Martapura.

Sosialisasi ini di buka oleh Sekda Kabupaten Banjar Nasrunsyah, dan peserta sosialisasi ini di ikuti perwakilan SKPD,pihak Kecamatan serta Kelurahan se-Kabupaten Banjar.

Di sela-sela sosialisasi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Yasna Khairina kepada Abdi Persada Fm mengatakan di gelarnya sosialisasi ini tidak lain untuk menata, mengelola dan merapikan kembali kearsipan di lingkup Banjar yang sesuai dengan standarisasi. Menurut Yasna kedepan pihaknya akan merubah sistem kearsipan dari yang bersifat kertas menjadi digitalisasi untuk mempermudah pencarian arsip tersebut.
“Selain di gitalisasi kearsipan tersebut perlu di autentifikasi tentang kebenaran dan faktanya” ,jelas Yasna.

Sementara itu Sekda Banjar Nasrunsyah mengatakan pengelolaan kearsipan yang baik di rasa penting di laksanakan di setiap SKPD agar mempermudah pencarian arsip, menurut Nasrun tanpa tata kelola arsip yang baik akan mempersulit untuk pencarian berkas yang di inginkan, seperti halnya pencarian asal usul tempat-tempat bersejarah atau asal usul suatu daerah.
” Misalnya tentang sejarah asal usul stadion Demang Lehman, atau asal usul pendirinya Kabupaten Banjar, Dengan tata kelola kearsipan yang baik dengan digitalisasi sudah pasti arsip-arsip akan mudah di temukan”,jelasnya.

Nasrun juga menambahkan begitu pentingnya Tata kelola kearsipan ini sehingga pihak Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar sosialisasi ini dengan Motto Arsip hilang Aset Melayang.

Terkait hal ini Nasrunsyah berharap kepada semua SKPD terkait agar berkerja keras dan bekerja ikhlas, dan petugas yang di tunjuk untuk benar-benar bisa menjaga kearsipan tersebut, kemudian beliau juga berharap nantinya ada insentif bagi mereka yang bertugas sehingga untuk menambah motivasi dan semangat bagi mereka. (AF/FHF/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.