20 Juni 2021

Angka Kriminalitas Meningkat Di Kawasan Alalak

1 min read

Camat Banjarmasin Utara Apiluddin saat menyampaikan, kasus kejahatan meningkat dikawasan Alalak.

BANJARMASIN – Akibat angka pengangguran meningkat dikawasan Alalak, Kecamatan Banjarmasin Utara, berimbas pada tingginya angka kriminalitas dikawasan tersebut.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Kecamatan Banjarmasin Utara akan menjadi kawasan Alalak sebagai tempat wisata susur sungai, sebagai pengganti mata pencarian warga setempat,” ujar Camat Banjarmasin Utara Apiluddin Noor, kepada sejumlah wartawan.

Mengingat saat ini industri kayu seperti bangsau tidak memproduksi lagi, akibat kekosongan bahan baku. Oleh karena itu, penduduk setempat banyak yang kehilangan pekerjaannya.

“Karena tidak memiliki pekerjaan tersebut, maka angka kriminalitas seperti kasus pencurian dan kekerasan dalam rumah tangga juga mengalami peningkatan,” tutur Apil lebih lanjut.

Menurut Apil, kasus-kasus kriminalitas yang terjadi dikawasan Banjarmasin Utara ini, sudah ditangani oleh pihak kepolisian setempat.

Sementara itu, untuk menjadikan kawasan Alalak sebagai salah satu tempat wisata susur sungai, karena kawasan Alalak memiliki ciri khas tersendiri, seperti di kawasan Alalak ini, dulunya merupakan kawasan industri kayu dimana dikawasan tersebut, banyak saumil dan bansau yang berjejer dikawasan pinggir sungai.

Menurut Apil, meski saat ini dikawasan tersebut sudah tidak adalagi ada kegiatan perkayuan, namun bekas-bekas saumil dan bansau bisa dijadikan daya tarik tersendiri untuk wisata dikawasan tersebut.
“Saumil dan bansau yang berada dipinggir sungai dapat menjadi daya tarik para wisatawan, yang mengunjungi kasawan tersebut,” ucap Apil.

Saat ini, lanjut Apil, wisatawan sangat menyukai suasana yang alami. Oleh karena itulah pihaknya akan mengembangkan kawasan Alalak sebagai tujuan wisata susur sungai di Kota Banjarmasin. Sekaligus sebagai penganti mata pencarian warga setempat. (SRI/FHF/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.