20 Juni 2021

Lestarikan Naskah Kuno, Banjar Dapat Penghargaan

1 min read

Bupati Banjar menyerahkan penghargaan Jasa Dharma Pustaloka pelestarian naskah kuno dari perpustakaan RI kepada perwakilan Yayasan Islam Dalam Pagar Doktor Mufrida Zein

Banjar – Yayasan Islam Dalam Pagar Kabupaten Banjar menerima Penghargaan Jasa Dharma Pustakalokal kategori pelestarian naskah kuno dari Perpustakaan Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima langsung melalui Pemerintah Kabupaten Banjar yang di serahkan oleh Bupati Banjar Khalillurahman kepada perwakilan Yayasan Islam dalam pagar  Doktor Mufrida Zein, Senin (24/9)  usai apel pagi di halaman Pemkab Banjar Martapura.

Kepada sejumlah wartawan Doktor Mufrida Zein yang sekaligus Direktur Politeknik Tanah Laut mengatakan penghargaan ini di berikan sebagai Kategori upaya pemeliharaan dan menjaga Naskah kuno  Kitab-kitab Syek Arsyad Albanjari, diantara Kitab  tersebut yakni kitab Sabilal Muhtadin, Luqtah al ‘ajlan , Kitabunnikah, dan Al qur ‘an 30 jus yang masih untuh terpelihara dengan menggunakan laminasi.

“Kalau tidak kita lakukan laminasi maka akan hancur, dan kami kedepannya akan mengupayakan pemeliharaanya agar lebih baik lagi,” ujarnya.

Menurut Mufrida memang ada usulan dari kepala perpustakaan dan kearsipan Nasional untuk mengganti kulit kitab tersebut namun dikhawatirkan akan terjadi kerusakan, oleh karena itu pihaknya akan terus lakukan pemeliharaan secara intensif.

Bahkan lanjut Mufrida Zein menerangkan, Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs Muh. Syarief Bando, M.M. menyerankan untuk pemeliharaan Kitab Al-Qur’an agar tetap terjaga keutuhannya, untuk sistem laminasinya agar diganti.

“kalau laminasi yang ada kita buka, dikhawatirkan akan terjadi kerusakkan mengingat usia kitab tersebut sudah ratusan tahun,” ungkapnya.

Penyerahan pengharagaan Jasa Dharma Pustaloka kategori pelestarian naskah kuno oleh Bupati Banjar Khalillurahman disaksikan oleh Sekda Banjar Nasrunsyah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banjar Yasna Khairina serta di saksikan peserta apel gabungan lingkup Kabupaten Banjar. (AF/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.