20 Juni 2021

Pemko Banjarmasin Gelar Pesta Kesenian Di Tengah Pasar

2 min read

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina saat menyampaikan tentang Festival Pasar Rakyat di Kota ini.

BANJARMASIN -Dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke 492 ini, Pemerintah Kota Banjarmasin bersama salah satu Yayasan milik perbankan swasta kembali menggelar Festival Pasar Rakyat (FPR) 2018 di Banjarmasin dengan tajuk “Bakunjang ka Pasar”.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, Bakunjang Ka Pasar ini merupakan sebuah kalimat dalam Bahasa Banjar yang berarti berjalan ke pasar.
“Tema Bakunjang ka Pasar dipilih sebagai sebuah ajakan untuk kembali ke pasar rakyat,” ujar Ibnu.

Ibnu mengatakan, dalam konteks Bahasa Banjar istilah bakunjang memiliki arti berjalan tanpa paksaan dan dengan begitu antusias. Hal ini sejalan dengan semangat dari Festival Pasar Rakyat 2018.
“Banjarmasin ingin membuat pasar rakyat menjadi ibu kandung proses perdagangan masyarakat Banjarmasin.
Festival Pasar Rakyat merupakan bagian dari kampanye nasional,” tutur Ibnu lebih lanjut.

Melalui FPR ini dimaksudkan untuk lebih memberi semangat pemerintah daerah dan komunitas lokal untuk bersinergi mempersiapkan pasar rakyat yang mampu menjawab kebutuhan konsumen yaitu mumpuni pada aspek perekonomian dan juga sebagai ruang sosial budaya serta sebagai tujuan rekreasi atau pariwisata daerah.

Festival Pasar Rakyat Banjarmasin yang diselenggarakan sejak 19 Agustus hingga 15 dan 16 September 2018 sebagai puncak acaranya, berjalan sukses.

Seperti diketahui, Pagelaran Festival Pasar Rakyat Banjarmasin yang sekaligus sebagai penutupan dari kampanye nasional Jelajah Pasar Rakyat Nusantara tahun 2018 ini didukung oleh Pemerintah Kota Banjarmasin dan komunitas seni budaya lokal yaitu NSA Project Movement, Ruang Teater Pelajar (RTP) kota Banjarmasin, dan Forum Pekerja Seni Kampus (FKPSK) Kalimantan Selatan. Tercatat enam perguruan tinggi yang ikut berpatisipasi dalam FPR yaitu Universitas Lambung Mangkrat, Universitas Islam Kalimantan Arsyad Al-Banjari, Politeknik Negeri Banjarmasin, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, STKIP PGRI Banjarmasin, dan STMIK Indonesia Banjarmasin. (SRI/RDM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.