18 Juni 2021

Seminggu Kedepan, Harga Gas Elpiji 3 Kg Dipastikan Stabil

2 min read

Kabid Perdagangan Disperindag Kabupaten Banjar Ferryansyah Saat Ditemui Di Ruang Kerjanya

BANJAR – Harga gas elpiji 3 kg di Kabupaten Banjar beberapa waktu lalu sempat mengalami kenaikan hingga mencapai empat puluh ribu rupiah pertabung.

Gas elpiji 3 kg yang menjadi salah satu kebutuhan masyarakat banyak khususnya bagi warga yang kurang mampu mengalami kenaikan harga yang sangat signifikan di Kabupaten ini mulai 30 – 40 ribu rupiah pertabung, di samping itu stoknya juga terbatas sehingga terkesan langka di pasaran.

Hal ini diungkapkan Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar Ferryansyah Kepada Abdi Persada fm saat di temui diruang kerjanya Rabu ( 29/8 ) Pagi, menurut Ferry dari hasil monitoring pihaknya, kenaikan harga tersebut kemungkinan disebabkan bertepatan dengan hari raya Idul Adha yang lalu, dimana saat tersebut banyak kebutuhan masyarakat namun stok terbatas.
Sedangkan terbatasnya stok tersebut di sebabkan cuaca ekstrem dimana kapal yang mengangkut pasokan gas elpiji ke Kalimantan tidak bisa sandar, sehingga untuk pasokan gas elpiji mengalami kelangkaan stok baik di agen, pangkalan maupun di pertamina sendiri.

Dengan Kejadian ini, menurut Ferry, pihaknya sudah melakukan upaya tindakan pengawasan terhadap agen maupun pangkalan agar tidak terjadi penimbunan. Disamping itu pihaknya juga telah melakukan koordinasi kepada pihak pertamina terhadap kelangkaan yang terjadi beberapa waktu yang lalu.
“Kami sudah melakukan tindakan peningkatan pengawasan terhadap agen dan pangkalan untuk tidak melakukan penimbunan, namun saat ini tidak ada temuan, kami juga sudah menyurati pihak pertamina menanyakan soal kelangkaan, jawab mereka karena faktor cuaca sehingga kapal pengangkut gas elpiji tidak bisa sandar,” jelasnya.

Tak hanya itu, Ferry menjelaskan dari hasil koordinasi dengan pihak pertamina di perkirakan satu atau dua minggu kedepan ketersediaan stok gas elpiji di kabupaten Banjar mulai lancar, dari hasil pantauan pihaknya saat ini untuk harga gas elpiji 3 kg mulai terjadi penurunan dan stok mulai tersedia.
“Seperti daerah sungai tabuk arus distribusi gas elpiji sudah lancar, harga pun kembali normal, dan insyaallah daerah Martapura dan sekitarnya juga akan lancar sesuai apa yang disampaikan pihak pertamina,” ujarnya.

Pihaknya berharap seminggu kedepan harga kembali normal sesuai apa yang disampaikan oleh pihak pertamina kepadanya, Kalau pun tidak terjadi juga maka pihaknya akan melakukan operasi pasar untuk daerah-daerah padat penduduk. (AF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.