16 Juni 2021

Asik! Wisata Kuliner Akan Hadir di Martapura

2 min read

Kondisi Warung Kuliner Saat Ini Di Samping Ruas Jalan Sukaramai CBS Martapura yang akan dijadikan Pasar Kuliner.

BANJAR – Wacana pembangunan Pasar Kuliner di samping ruas Jalan Sukaramai dari Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banjar yang bekerja sama dengan Perusahaan Daerah Pasar Bauntung Batuah Martapura dengan menggunakan dana dari APBD sebesar 3,5 Miliar kini sudah memasuki tahapan lelang.

Saat ditemui Abdi Persada Fm Rabu (29/8) Kepala Disperindag Banjar Muhammad Ramlan melalui Kepala Bidang Perdagangan Ferryansyah mengungkapkan, wacana pembangunan pasar kuliner tersebut kini sudah memasuki tahapan lelang dan nantinya untuk pemenang lelang akan di umumkan dalam satu atau dua hari lagi.

Untuk pembangunananya akan dilakukan secara bertahap mengingat terbatasnya anggaran dari APBD. Dan untuk tahapan pertama pembangunan pasar kuliner ini telah dianggarkan sebesar 1 miliar 40 juta rupiah dan untuk sisanya pada pembangunan tahap ke dua.

“kami sudah melakukan sosialisasi dan kesepakatan kepada pedagang, untuk selama pengerjaan Pasar kuliner yang diperkirakan bulan september mendatang, pedagang yang ada di sana akan dipindahkan sementara ke pasar rakyat Kayu Tangi,” jelasnya.

Untuk proses pembangunan pasar kuliner lebih lanjut Ferry menuturkan, kurang lebih 90 hari di hitung dari hari kalender. Dan pihaknya pun mengharapkan dengan dibangunnya pasar tersebut dapat membangun dan meningkatkan roda perekonomian masyarakat melalui wisata kuliner.

 

Selain itu Ferry berharap dengan dibangunnya pasar kuliner ini,  tercipta pasar yang sehat dan nyaman dengan tata kelola yang baik,  sehingga para wisatawan lokal maupun wisatawan asing berkeinginan untuk berkunjung ke pasar kuliner tersebut  menikmati makanan khas yang ada daerah ini.

Di lain tempat Zainuddin salah satu pedagang kuliner soto banjar yang sudah selama 15 tahun menggelar dagangannya ditempat tersebut menyambut gembira dan sangat mendukung.

“Alhamdulillah dengan dibangunkan pasar kuliner ini kami sangat berterimakasih sekali, kalau melihat di pasar lain itu sudah bagus sedangkan di tempat kita ini saja yang masih kumuh,” pungkasnya. (AF/RDM/MTB)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.