21 Juni 2021

Nadjmi : Olahraga Memanah Perlu Karakter dan Mental Yang Baik

2 min read

Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani saat membuka Banjarbaru Archery Competition 2018 di Stadion Mini Gawi Sabarataan H Idak, Sabtu (25/8).

BANJARBARU – Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani membuka Banjarbaru Archery Competition tahun 2018 yang bertempat di Stadion Mini Gawi Sabarataan H Idak Jalan RO Ulin Kelurahan Loktabat Selatan Banjarbaru. Sabtu (25/8).

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Banjarbaru Archery Competition Hardiono menyampaikan, kegiatan Archery ini sudah ketiga kalinya diadakan di Kota Banjarbaru dan berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin setiap tahunnya. “Banjarbaru Archery Competition tahun 2018 tidak hanya diikuti oleh club yang ada di Kalsel saja tapi ada juga yang dari luar Kalimanatan Selatan seperti dari kuala pambuang, Kaltim, Kalteng bahkan ada yang datang dari Batam,” ucap Hardiono dihadapan Walikota dan peserta yang hadir.

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang Perpani Kota Banjarbaru Hidayaturahman menyampaikan bahwa memanah adalah sunnah rosul, kerena memanah adalah olahraga yang menggunakan peralatan seperti busur panah, anak panah, dan target untuk memanah. Belajar Memanah dapat melatih emosi dan fisik untuk meletakkan target pada sasaran. “Memanah sangat menitik-beratkan keseimbangan tubuh. Maka jika pemanah emosinya tertekan, maka panahan amat mudah tersasar. Secara tidak langsung, olahraga ini melatih manusia untuk tenang dan menstabilkan emosi. Individu yang tidak tenang, ceroboh, pemarah, kurang sabar atau kurang sehat mentalnya tidak akan menjadi pemanah yang baik. Perbuatan melenturkan anak panah di busurnya, kemudian melepaskannya perlu satu kekuatan fisik, olahraga ini juga satu latihan holistik kepada diri seseorang dari segi fisik dan mental,” jelas Hidayat.

Saat memberikan sambutannnya sekaligus membuka kegiatan ini, Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani menyampaikan olahraga panahan ini dapat mengembangkan sportivitas, disiplin dan kepatuhan pada aturan. “Dengan olahraga kita dapat membangun karakter masyarakat yang kuat dan berdaya saing, menang atau kalah, yang terpenting adalah bagaimana kalian mampu mengedepankan semangat fair play dan sportifitas, karena prestasi olahraga dicapai bukan hanya dengan memiliki kemampuan bermain yang mumpuni, namun juga ditentukan oleh karakter dan mental. Oleh karena itu jaga semangat kebersamaan, sportifitas dan kesungguhan dalam bertanding agar menghasilkan prestasi terbaik secara terhormat,” pungkas Walikota.

Seperti kita ketahui, olahraga panahan merupakan salah satu olahraga yang dianjuran Nabi Muhammad SAW. Beliau pernah bersabda: “ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Memanah, selain menyehatkan tubuh, juga bisa melatih individu-individunya untuk menang, berani, fokus, dan melatih logika. (RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.