20 Juni 2021

Di Hari Jadi Ke 68, Bupati Paparkan Kemajuan Daerahnya

3 min read

Bupati Banjar Khalillurahman didampingi Wakil Bupati Banjar Saidi Masyur serta Ketua DPRD Kabupaten Banjar Rusli telah menandatangani beberapa Prasasti di acara peringatan Hari Jadi Kabuapten Banjar ke 68

BANJAR – Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke 68 yang dikemas  dengan berbagai penyerahan penghargaan dan bantuan ditambah penandatanganan Mou serta penandatangan beberapa prasasti, Rabu (15/8) pagi yang di hadiri Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan beserta undangan lainnya.

Pada kesempatan ini Bupati Banjar Khalilurrahman dalam sambutannya menyampaikan hari jadi ini merupakan tonggak sejarah sebagai rujukan dalam semangat membangun suatu daerah, sehingga peringatan hari jadi ini dapat memperkuat kecintaan terhadap negara dan bangsa, oleh karena itu keberhasilan pembangunan di Kabupten Banjar tidak terlepas dari perjuangan para pendahulu. Bupati berharap peran penting dari para pendahulu tersebut bisa dijadikan sebagai motivasi  dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Banjar.

Selain itu Bupati Banjar yang akrab disapa guru kholil ini juga menyampaikan tiga prioritas utama yang sudah di selenggarakan dan telah berhasil mendapatkan pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan pemerintah  daerah (LKPD) tahun 2018. Bupati Banjar menjelaskan penghargaan opini WTP ini merupakan yang kelima kalinya yang diraih Pemerintah Kabupaten Banjar, adapun tiga pencapaian Khusus yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Banjar pada program prioritas utama yang sesuai dengan visi-misi Kabupaten Banjar, yaitu Peningkatan Pendidikan dalam bentuk perbaikan kualitas pendidikan formal dan pendidikan agama serta pendidikan keagamaan, peningkatan layanan kesehatan, dan  pembangunan Infrastruktur.

Pada bidang pendidikan formal dan pendidikan agama yakni adanya program wajib khatam Alquran ditingkat SD dan SMP (sesuai dengan Perda Khatam Qur’an), program ini menerapkan Pendidikan Baca Tulis Al-Quran (BTA) ke dalam Mata Pelajaran Muatan Lokal dan program ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2016.   “Alhamdulillah pencapaian peserta didik SD dan SMP yang memenuhi persyaratan kompetensi baca tulis Al-Qur’an mencapai 101,56 persen melebihi dari target 90,00 persen sehingga dikategorikan sangat baik,” jelas Bupati.

Kemudian pada pendidikan keagamaan pencapaian jumlah unit aktif TKA/TPA Al-Qur’an hingga tahun 2018  adalah sebanyak 382 unit, selanjutnya santri yang sudah diwisuda sebanyak 3.944 santri. Tidak hanya itu Bupati juga menjelaskan tentang  bidang kesehatan telah terakreditasinya 15 buah puskesmas dari Kementrian Kesehatan RI, dan salah satu puskesmas tersebut yaitu Puskesmas Martapura I yang berhasil menerapkan aplikasi online Sikda Generik yang menjadi Pioner dan percontohan se Kalimantan Selatan.

Selanjutnya, terkait dengan pembangunan Infrastruktur daerah Bupati memaparkan,  terealisasinya jalan kabupaten dalam kondisi mantap dengan total sepanjang 537,99 km atau 68,85 persen, kemudian jalan desa dalam kondisi baik memiliki total panjang 783,0 km atau 70,12 persen, dan pemerintah Kabupaten Banjar juga  melakukan inovasi untuk menggencarkan program Pengurangan Jamban Terapung di wilayah bantaran sungai dengan motto “OM TOILET OM”.

Untuk  pengentasan kemiskinan di Kabupaten Banjar, melalui Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD)  diakhir 2017 lalu mengalami penurunan sebesar 2,96 persen dari tahun sebelumnya yaitu 3,10 persen. Tak hanya itu di sampaikan pula  melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang berbuah manis telah mampu mengendalikan harga-harga serta inflasi, sehingga terjaga di bawah 4 persen selama 3 tahun terakhir, dan dibuktikan Kabupaten Banjar berhasil meraih Penghargaan TPID terbaik mewakili area Kalimantan, dan sangat teristimewa pula, hanya TPID Kabupaten Banjar yang termasuk dalam 5 TPID terbaik se-Indonesia. Dan untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Intan Banjar telah berhasil mendapatkan penghargaan dari Kementrian Keuangan RI atas kinerja yang baik dalam melakukan restrukturasi dan melunasi pinjaman dari Pemerintah Pusat.

Selanjutnya Guru kholil menjelaskan kembali, Kabupaten Banjar hingga tahun 2018 ini sudah 8 kali meraih Penghargaan Adipura termasuk Adipura Kencana  dan Penghargaan Adiwiyata Mandiri, termasuk juga Penghargaan Adiwiyata Asean yang di raih oleh SMP 4 Martapura. Tak ketinggalan pula Sebagai upaya untuk meningkatkan kembali minat gemar membaca bagi warga masyarakat, pemerintah Kabupaten Banjar telah menghadirkan Perpustakaan berbasis Tekhnologi Informasi dan Komunikasi. Di sisi lain pada sektor pertanian Kabupaten Banjar saat ini masih sebagai salah satu daerah Lumbung Pangan di Kalimantan Selatan atau dikenal “KINDAI LIMPUAR”. Dan bertepatan hari jadi ini pula Pmereintah Kabupaten Banjar Melouncing Command Center Barokah yang berlokasi di Mahligai Sultan Adam Martapura.

Dari berbagai pencapaian yang diraih Kabupaten Banjar, Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan mengapresiasi atas capaian yang diraih, menurut Rudy perkembangan Kabupaten Banjar di lihat dari tahun ketahun menunjukan trend positive, seperti angka kemiskinan yang menurun, tingkat infalsi terendah di Kalsel, dan juga banyaknya pengakuan berupa penghargaan dari pemerintah pusat tentang kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Selain Wakil Gubernur turut hadir pula dalam peringatan ini Ketua DPRD Kalimantan Selatan beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kalimantan Selatan, Ketua DPRD Kabupaten Banjar Beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Banjar, Instansi Vertikal Provinsi Kalimantan Selatan, Bupati dan Walikota se Kalimantan Selatan, dan Ketua DPRD se-Kalimantan Selatan serta para tamu Undangan  lainnya. (AF/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.