20 Juni 2021

Progres PSN Bandara Semakin Meningkat

2 min read

Kadis PUPR Kalsel Roy Rizali Anwar (tengah) bersama Airport Facilities Departmen Head, Dadang Dian Hendiana saat meninjau lokasi proyek.

BANJARBARU – Sebentar lagi Bandara Syamsudin Noor akan menjadi salah satu bandara termegah di Kalimantan. Pembangunanya pun telah dimulai dan ditargetkan pada akhir 2019 masyarakat sudah bisa memanfaatkan fasilitas dari Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kalsel ini. “Insya Allah Bandara Syamsudin Noor ini akan rampung pada akhir 2019 nanti. Saat ini progres pembangunan infrstruktur penunjang sudah mencapai 40 persen,” terang Airport Facilities Departmen Head, Dadang Dian Hendiana , dalam Dialog Beranda Humas, inisiasi Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kalsel, Senin (13/8).

Dijelaskan Dadang yang saat itu didampingi narasumber uatama lainnya, yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemprov Kalsel, Roy Rizali Anwar , infrastruktur penunjang yang saat ini sudah mulai rampung antara lain bangunan gedung penunjang seperti bangunan kargo, gedung security dan masjid.

Bandara Syamsdin Noor memiliki kapasitas terminal yang didesain bisa menampung 7 juta penumpang per tahun. Dari yang semula hanya berkapasitas 1,5 juta dan saat ini sudah mencapai 3, 6 juta penumpang per tahun .

Masih menurut Dadang, terminal bandara secara arsitektur memadukan kearifan lokal dan unsur modern. Desain bangunan mengaplikasikan bentuk seperti perahu jukung secara keseluruhan.

Istimewanya lagi yang bakal membedakan Syamsudin Noor dengan bandara lainnya di Indonesia, adalah segi arsitekturnya khususnya pada bagian atap didesain menyerupai permata berlian yang hadir di setiap interior bandara. Tampilan ini akan memberikan kesan kemewehan sekaligus simbol kekayaan Bumi Kalimantan Selatan.

Selain itu runway yang semula 2500 x 45 meter persegi, sesuai master plan direncanakan menjadi 3000 x 45 meter persegi. Begitu pula dengan apron yang tadinya hanya mampu menampung 8 pesawat berbadan lebar akan diperluas hingga berkapasitas 16 pesawat.

Dalam dialognya Dadang berterima kasih dengan Pemprov Kalsel yang turut mendukung pembangunan infrastruktur jalan penghubung. Ini merupakan salah satu dukungan nyata pemerintah daerah dalam sinergi mempercepat pembangunan bandara. (HUMPROVKALSEL/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.