21 Juni 2021

Oxana Bangga Jadi Bagian Paskibra HUT RI Ke-73

2 min read

Oxana Licanissya saat latihan menjadi petugas pembawa bendera.

 

abdipersadafm.co.id – Menjadi pasukan pengibar bendera atau paskibra adalah salah satu tugas yang sangat mulia dan membanggakan. Bukan hanya bagi diri sendiri, tentu saja menjadi kebanggan bagi orang tua, keluarga, serta pihak sekolah dimana ia menimba ilmu. Hal inilah yang dirasakan oleh Oxana Licanissya siswi SMA Negeri 1 Banjarbaru yang terpilih menjadi salah satu petugas pengibar bendera pada HUT proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2018 bertempat di halaman kantor pemerintah daerah provinsi Kalimantan Selatan.

Dari 84 putra putri terbaik di 13 kabupaten dan kota di kalimantan selatan, Oxana mampu bersaing dan terpilih menjadi salah satu dari 41 bertugas sebagai pengibar bendera di tingkat Provinsi serta tingkat nasional.

Ditemui di sela-sela latihan persiapan bersama rekan-rekannya yang lain di halaman sekretariat daerah provinsi Kalimantan Selatan Jumat (10/8),  putri dari pasangan Yuliar Kus Nugroho dan Diana ini mengaku sangat bangga dan tidak menyangka bisa masuk menjadi salah satu dari 39 pasukan pengibar bendera hari kemerdekaan RI tingkat provinsi tahun ini.
“Satu kehormatan dan kebanggan bisa masuk sini, karena dari seleksi sekolah hingga kabupaten dan kota hingga provinsi ini melewati banyak rintangan,” ungkapnya.

Ia kini mulai rutin ikut latihan, yang dijalaninya dimulai sejak 31 Juli hingga menjelang pelaksanaan tiba, dari jam 08.00 sampai 12.00 siang, kemudian dilanjutkan jam 15.00 hingga 18.00 setiap harinya.
“Latihan melingkupi PBB dasar, formasi, manuver, pengibaran bendera dan keluar masuk lapangan upacara,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pelatih Paskibra 2018 Lettu Cpm Agung Dwi Prakoso pada kesempatan yang sama menjelaskan mengenai asupan untuk peserta selama di karantina 21 hari, “hal terpenting adalah latihan fisik dan kedisiplinan,” ujar Prakoso. (ASC/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.