20 Juni 2021

Ribuan Warga Serbu Pesta Rakyat Hut Kalsel

2 min read

Suasana di salah satu stand pesta rakyat makan bersama Paman Birin di kawasan siring 0 kilometer Banjarmasin pada Kamis pagi (9/8)

BANJARMASIN – Suara Paman Birin (sapaan akrab gubernur Kalimantan Selatan) masih terdengar nyaring di pengeras suara, saat ribuan warga kota Banjarmasin dan sekitarnya, mulai memadati puluhan stand makanan yang tersedia di sepanjang jalan siring 0 kilometer Banjarmasin, pada Kamis (9/8) pagi. Mereka sudah tidak sabar lagi menikmati makanan gratis yang disediakan, untuk memperingati hari jadi provinsi Kalimantan Selatan ke-68 tahun 2018 ini. Mulai dari berbagai jenis kue tradisional, makanan khas dari berbagai daerah, dan sajian makanan lainnya yang menggugah selera. Para penjaga stand makanan ini pun berupaya keras, agar makanan yang disajikan tidak diambil oleh warga terlebih dulu, sebelum Paman Birin meninjau lokasi pesta rakyat tersebut.

Tak lama, setelah Gubernur Sahbirin Noor didampingi Wakil gGubernur Rudy Resnawan, bersama seluruh unsur Forkopimda Kalimantan Selatan memotong nasi Astakona, serta melepaskan puluhan burung merpati dan bapon ke udara, maka waktu pelaksanaan pesta rakyat pun tiba. Bersama rombongan, Paman Birin mendatangi satu persatu stand makanan di siring 0 kilometer Banjarmasin. Usai ditinjau gubernur, stand pun langsung diserbu masyarakat, yang dalam waktu sekejap menghabiskan menu yang disiapkan panitia hari jadi provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018.

Annisa salah seorang warga Pasar Lama Banjarmasin mengaku sudah cukup lama menunggu, untuk menikmati makanan yang disajikan. Bahkan Ia sengaja membawa serta anaknya untuk turut serta merasakan kegembiraan pesta rakyat.
“Kami mau makan sop buntut, dan mencicipi menu yang belum pernah kami makan sebelumnya. Kaya Coto Makassar di salah satu stand,” ujar Annisa sambil memperlihatkan kantong kresek yang sengaja dibawanya dari rumah. Tujuannya tak lain agar dapat membawakan makanan untuk keluarganya di rumah, yang tidak sempat datang ke lokasi acara.
Annisa mengaku sangat bersyukur dengan adanya kegiatan pesta rakyat makan bersama Paman Birin, pada peringatan hari jadi provinsi. Karena setidaknya, Ia dan keluarganya dapat menikmati makanan enak dengan gratis, walau cuma satu hari saja.

Dari pantauan Abdi Persada FM di tempat berlangsungnya acara pesta rakyat makan bersama Paman Birin di siring 0 kilometer ini, hampir seluruh stand langsung kehabisan makanan hanya dalam jangka waktu 30 menit saja. Padahal setiap stand, setidaknya menyiapkan sekitar ratusan porsi makanan. Maklum saja, karena selain dinikmati warga yang sengaja datang ke tempat acara, makanan yang disajikan pun banyak yang dibawa pulang oleh warga. Seperti juga Annisa, banyak warga sekitar lokasi acara sengaja membawa kantong kresek dari rumah, untuk membawa bekal saat pulang nanti. (RIW/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.