27 September 2022

Siap Terima Bonus Demografi, Pemprov Kalsel Susun Grand Design Kependudukan

1 min read

Kepala Disdukcapil dan KB Kalsel, Zulkipli

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalsel tengah menyusun grand design pembangunan kependudukan. Selain bersiap menyambut bonus demografi 2045, hal ini menyusul Kalsel juga dinyatakan sebagai pintu gerbang Ibu Kota Negara Indonesia (Nusantara) di Kaltim.

Kepala Dinas Dukcapil dan Keluarga Berencana Kalsel, Zulkipli, mengungkapkan, tujuan dirancangnya grand design pembangunan kependudukan supaya mengetahui lebih jelas terkait sejauh mana daya tampung lahan di provinsi ini setelah IKN resmi dipindah.

“Ataukah kita juga memerlukan tenaga (pekerja) dari luar. Apalagi, Kalsel ini juga menjadi penyangga IKN itu sendiri tentu harus dipersiapkan segala sesuatunya,” ungkapnya, kepada Abdi Persada FM, Rabu (10/8) siang.

Terkait bonus demografi 2045, menurut dia, Kalsel harus benar-benar siap menerima perkembangan teknologi seiring meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia yang mulai menunjukkan kemampuannya berdaya saing.

“Maka dari itu, penting adanya peran SDM untuk peningkatan itu,” bebernya.

Dirinya melanjutkan, rancangan yang juga ada di dalam grand design hasil kolaborasi bersama Kemendagri RI ini kedepan tentu menitik beratkan kualitas dan jumlah penduduk.

“Anggap kita sudah berhasil menekan jumlah penduduk tetapi malah kekurangan tenaga. Apa yang dibutuhkan IKN justru tak sesuai yang diharapkan. Maka, grand design ini menjadi patokan untuk mensukseskan program tersebut,” ucap Kadisdukcapil Kalsel, Zulkipli.

Artinya, ungkap dia, apabila masih ada masyarakat yang ingin bermigrasi ke Kalsel. Tentu, pemda memberikan kesempatan untuk tinggal dan menetapkan di wilayah ini.

“Apalagi yang datang itu memiliki kualitas terbaik. Tentu, ini sangat bermanfaat,” pungkasnya. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

yd Project. | Newsphere by AF themes.