25 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pasar Batuah Banjarmasin Akan Direnovasi Total

1 min read

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar, usai berbincang dengan salah satu pedagang di pasar Batuah

BANJARMASIN – Dalam waktu dekat ini Pemerintah Pusat melalui Kementrian Perdagangan RI, akan merenovasi total
pasar Batuah yang berlokasi di kawasan Veteran Kelurahan Kuripan Kecamatan Banjarmasin Timur.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar, meninjau pasar Batuah

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar kepada wartawan baru baru tadi, saat ini pihaknya sudah melakukan survey ke lapangan, sekaligus mendata jumlah pedagang pasar pasar Batuah, dengan alokasi dana sebesar Rp3,5 miliar.

“Kami beberapa kali survey ke lapangan, dan mendata pedagang sementara yang terkena dampak renovasi ada 150 pedagang,” ucapnya.

Disampaikan Tezar, lahan pasar Batuah ini merupakan milik Pemerintah kota dan cukup luas, dengan demikian dalam renovasi nanti, tentu akan menyesuaikan dengan anggaran yang diberikan dan jumlah kios, diupayakan semua pedagang dapat terakomodir.

“Dalam DED pasar Batuah, hanya satu lantai, dan akan ditata lebih rapi yaitu dibagi perblok dan kategori dagangan, diantaranya nanti ada klasifikasi pedagang buah, sayur, ikan, klontongan, dan konveksi,” ungkapnya

Lebih lanjut Tezar menambahkan, langkah pihaknya saat ini sedang mempersiapkan jadwal untuk sosialisasi kepada warga dan pedagang setempat, tentang rencana renovasi pasar Batuah. Mengingat di lahan itu selain pasar, ternyata kios yang mereka tempati, telah dijadikan sebagai tempat tinggal.

“Kita terus melakukan pendekatan secara persuasif, untuk relokasi sementara dalam pembangunan pasar itu,” tutupnya.

Seperti diketahui, pasar Batuah ini berdiri cukup lama, sehingga bangunannya terlihat sangat tua. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.